Arsitektur

Mendesain Interior Apartemen dengan Sketchup

23.43

Halo! Pada artikel kali ini saya akan coba menuliskan tutorial super singkat tentang bagaimana caranya membuat interior apartemen dengan menggunakan aplikasi sketchup. Software yang saya gunakan adalah versi 2015 lengkap denga vray for sketchup. Jadi kalau kamu belum punya atau ada perbedaan coba dicari dulu softwarenya ya. Nah pada tutorial singkat kali ini, yang saya bahas adalah interior dari sebuah unit apartemen. Agar prosesnya lebih singkat, saya menggunakan layout apartemen dengan tipe studio. Tips ini bisa kamu terapkan, baik yang masih mahasiswa arsitektur, mahasiswa interior, maupun yang sudah bekerja. 

Photography

Fuji XC 50-230 OIS II Review

02.02

Widih bikin review lensa, berasa ngerti banget aja hahaha. Perlu di note ya sebelumnya, ini bukan review komprehensif yang lengkap buat dijadiin patokan, karena mungkin sebagian besar isinya subjektif saya. Tapi yang akan saya tulis disini lebih berdasarkan pada pengalaman saya menggunakan lensa ini setelah beberapa lama. Seperti judulnya, yang akan saya bahas adalah lensa Fuji XC50-230mm f/4.5-6.7 OIS II. Inget OIS II, bukan OIS I. kalau ditanya beda keduanya, saya belum pegang yang pertama seperti apa. Namun dari segi bentuk nampaknya ngga ada bedanya, meski di beberapa review ada yang bilang beda di karet fokusnya, saya belum bisa memastikan benar atau nggaknya. yuk langsung aja kita bahas. *semua foto disini saya kompres qualitynya 1 biar gak lebih dari 200kb. soalnya gak punya hosting*

Artikel

Memotret Kucing

21.06

Salah satu model alami yang dapat digunakan untuk memotret adalah kucing. Jika kamu tidak sedang bersama teman, atau tidak memiliki model untuk dipotret, hewan yang menggemaskan ini bisa menjadi alternatif model lho. Setidaknya, karena dia makhluk hidup yang bergerak, memotret kucing bisa menjadi tantang tersendiri untuk mengasah kemampuan kamu. Kebetulan saya memiliki seekor kucing jantan bernama ainun sebagai bahan latihan saya jika sedang tidak kemana-mana. Lantas apa saja sih hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam memotret kucing? Saya akan coba menjelaskan berdasarkan pengalaman saya ya, meski belum profesional hehe.

Artikel

Memilih Kuliah S2 Reguler atau Khusus

20.34

Menempuh pendidikan tinggi merupakan hal yang diimpikan setiap orang. Bahkan sudah menjadi standar minimum atau sebuah kewajiban untuk menempuh pendidikan tinggi. Namun tidak semua orang memikirikan akan melanjutkan studi pendidikan tingginya hingga program pascasarjana. Mungkin kamu pernah mendengar sebagian orang berkata ingin melanjutkan pendidikan tinggi, namun hanya menjadi wacana karena entah penyebabnya. Ada pula yang tidak pernah memikirkan untuk melanjutkan studi, malah tau-tau sudah mau memilih judul untuk tesis di luar negeri. Lalu bagaimana nih dengan kita yang masih galau antara lanjut kuliah atau ngga? Pertanyaan itu mungkin bisa dijawab melalui artikel yang udah pernah saya tulis di Kerja vs Kuliah S2. Naah sekarang waktunya kita mulai membahas tentang memilih kuliah s2 reguler atau khusus. 

Artikel

Kerang Hijau vs Kerang Dara!

19.56

Apakah kamu tahu bahwa makhluk kecil ini merupakan spesies yang digolongkan sebagai hewan molluska? Ah pasti nggak inget, taunya makan doang sih! hahaha. Hewan laut ini memiliki tekstur tubuh yang sangat lunak dan memiliki cangkang yang sangat keras. Sebagai penikmat makanan laut, biasanya kerang adalah makanan yang tidak ingin kamu lewatkan. Diantara kerang-kerang yang banyak beredar, terdapat beberapa kerang yang cukup populer sebagai santapan, seperti kerang ijo dan kerang dara.

Artikel

Memahami Shutter dalam Fotografi

18.05

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai ISO, pada artikel kali ini kita akan coba membahas tentang Shutter Speed. Dalam fotografi, cahaya merupakan penentu utama untuk menghasilkan gambar. Agar gambar dapat tercipta, maka kita harus mengontrol jumlah cahaya yang masuk kedalam sensor photosensitive. Jika dianalogikan, dapat dikatakan bahwa fungsi shutter ibarat rentang waktu mata manusia yang terbuka untuk memberikan peluang cahaya masuk. Pada kamera dengan mode auto, tentu kamu tidak perlu memikirkan berapa lama shutter harus bergerak, karena semua telah dikontrol oleh komputer. Artikel ini tepat untuk kamu yang ingin belajar manual fotografi, terutama di era kamera digital yang semakin berkembang.

Arsitektur

5 Tugas Mainstream Kuliah Arsitek

12.42

Dalam dunia perkuliahan tentunya berbeda dengan dunia sekolah menengah. Seringkali pada jaman sekolah menengah dulu, jaman saya, tugas yang diberikan tidak jauh dari buku paket atau LKS. Sehingga ketika kamu cukup rajin untuk sering membaca dan latihan, tugas tidak akan terasa sulit. Dan umumnya dapat dikerjakan sendiri. Berbeda dengan tugas kuliah, yang mana umumnya tugas dikerjakan dengan mencari studi kasus dilapangan. Banyak pula tugas-tugas di Arsitektur yang memerlukan kerjasama kelompok dalam menyelesaikannya.


Artikel

Berfoto di Kawah Putih

01.23

Semenjak libur natal desember 2016 lalu, tidak begitu banyak kegiatan yang saya lakukan. Meskipun jatah libur untuk semester ini sekitar satu bulan, saya cukup kebingungan untuk memilih destinasi wisata yang bisa saya datangi. Ketika Ibu saya dan teman-temannya berwisata ke China, saya hanya mendekam di rumah. Tapi tak usah berkecil hati, karena saya tahu tempat wisata yang bisa dibilang cukup murah dan dekat. Spot ini bisa jadi destinasi wisata yang menyenangkan untuk keluarga, serta ramah buat anak muda yang doyan foto-foto. Seperti yang kamu tahu bahwa di Bandung sangat banyak sekali tempat-tempat yang asik untuk dikunjungi. Kali ini saya akan berbagi cerita saat saya mengunjungi Kawah Putih.