Jum'at Semangat

13.39

Hari Jum'at kali ini, tepatnya H-10 sebelum Ujian Nasional. Tidak banyak hal menarik yang ada pada hari ini. Hanya beberapa perenungan untuk dijadikan pembelajaran serta motivasi kedepannya. Berbeda dengan hari hari jum'at sebelumnya. Pagi hari saya mulai membaca sebuah koran, melihat berbagai macam hal yang sekiranya bisa menambah wawasan saya. Di dalam bacaan itu, terdapat suatu artikel yang membahas tentang Ujian Nasional. Sebagai salah seorang peserta Ujian Nasional, hati saya tergerak untuk membaca artikel tersebut. Sang penulis artikel disana cenderung netral dengan adanya Ujian Nasional ini.

Beberapa komentar pun ia cantumkan dari beberapa siswa di Jakarta. Mereka menilai bahwa Ujian Nasional bukanlah sesuatu yang harus dijadikan beban. Bahkan beberapa diantaranya menganggap, bahwa Standar Minimum yang diujikan tiap mata pelajaran terlalu rendah. Sisanya beranggapan, bahwa Ujian tersebut sebaiknya diadakan lebih cepat.
Berbeda dengan siswa lain yang diwawancara dalam artikel tesebut, ada yang beranggapan bahwa Ujian Nasional dirasa sangat tidak adil bagi banyak siswa di Indonesia. Dengan Standar yang cukup tinggi, namun kemampuan dalam kurikulum serta kualitas Guru atau Staff pengajar tidaklah serupa di tiap-tiap sekolah. Mereka beranggapan, dengan adanya Ujian tersebut sangat membebani siswa.
Adapula komentar diluar peserta Ujian Nasional, yang berpendapat bahwa Ujian Nasional sebaiknya memang tetap diadakan, dengan maksud menjaga kualitas pelajar masa kini. Mereka menilai bahwa Pelajar sekarang, cenderung berkelakuan buruk dan kurang mematuhi aturan, sehingga membuat banyak dari pihak masyarakat yang meragukan akan kemampuan pelajar.
Saya sendiri sebenarnya justru ingin agar Ujian tersebut dipercepat, kenapa ? jujur saja, saya sudah tidak tahan menunggu terus. Setiap hari berusaha keras, padahal ingin sekali melakukan hal-hal yang lain.

You Might Also Like

0 comment