Masalah batin ?

15.37

Selalu saja membayang yang namanya 'masalah'. Entah itu masalah ringan maupun berat sekalipun. Namun apa sih masalah itu sebenarnya ? Masalah yang kalo bahasa inggrisnya itu 'problem' merupakan keadaan dimana seseorang menyadarinya bahwa keadaan itu tidak sesuai dengan apa yang ia inginkan. Benar sekali jika masalah memang selalu datang disaat yang tidak kita harapkan. Bahkan dengan datangnya masalah itu sendiri, bisa membuat mood atau perasaan kita berantakan seketika. Masalah tidak memiliki batasan, tidak memiliki ukuran. Lalu bagaimana kita tahu kalau kita sedang dalam masalah ? Pikir aja sendiri hehehe. Disaat kita mendapatkan masalah, dunia rasanya mendadak
berat seketika. Dan disaat masalah itu usai, rasanya plong, bebas, damai. Itulah yang namanya masalah, hanya bisa dirasakan perubahannya seperti entalphi kalor hehe.
Seperti yang saya tulis diatas jika masalah tidak memiliki batasan, maka tak ada kategori khusus untuk masalah. Masalah keuangan, masalah cinta, masalah batin, ini dan itu banyak lainnya. Namun yang paling sering kita dengar ya masalah keuangan. Kontras sekali bila mendengarnya. Saya pun juga begitu, ada saja masalah yang datang bertubi-tubi menimpa manusia. Namun kita hanya bisa berusaha berpikir keras tuk mencari jalan keluar, untuk lepas dari masalah itu hanya Allah SWT yang bisa memutuskan.
Seringkali manusia putus asa (sok tua bet haha) dalam menyelesaikan masalah. Namun memang benar adanya, masalah yang menyerang batin terutama. Hati gelisah, tidak tenang, itulah masalah utama yang dihadapi manusia. Tidaklah mudah untuk keluar dari masalah ini. Orang-orang kerapkali berbicara seenaknya yang tidak tahu betapa sulit menyembuhkan penyakit batin macam ini. Berdoa memang jalan terbaik, namun perlu diketahui juga karena saya juga korban masalah seperti ini, refreshing ke tempat yang indah, sejuk dan tenang merupakan jalan keluar yang cukup baik. Apalagi ditambah dengan seorang teman atau siapapun yang bisa menambah kesejukan hati.

You Might Also Like

0 comment