How to Render ?

00.34

How render sketchup ? How to render with vray like real ? How to render sketchup with vray faster ? how to render your heart ? halah! bosen lek yang dibicarain render terus -..- i'm here to refreshing, please stay away for a while these words.
jadi inget ADMnya hendra, "dam renderin hatiku dong!" -__- ada juga yg minta "dam ajarin aku render dong biar bisa render hati orang" -__- ini siapa pulaa.
Usut punya usut, render sebenarnya tuh bisa pakai aplikasi apa aja kok. Cuman saat ini yang sedang trend dan memiliki engine hebat baru sebatas Vray. Saya sendiri sangat amatir, karena penggunaan engine ini masih jauh dari kata menguasai. 

Sedikit tips yang bisa saya sampaikan untuk settingan Option di Vray adalah pada Camera, Environment dan Output. Ketiga settingan tersebut merupakan opsi termudah dalam mengatur vray. 

Mudah ? ya benar ! dicoba dulu baru bilang gak bisa :) perbedaan antara yang menggunakan setting Option default dengan yang sudah mencoba otak atik ketiga opt tersebut seharusnya berbeda lho ;)



Bagi penggila kamera, tentunya tidak akan asing melihat settingan opt pada Camera di Vray karena sangat familiar, juga sangat membantu pencahayaan, noise bahkan sampai ke distorsi untuk mencapai sudut fish eye. Menarik bukan ? render sketchup tapi hasilnya Fish Eye.

Settingan environment sendiri dapat kita atur sedemikian rupa, dari mulai pembayangan yang tajam, hingga menjadi bias dengan perbedaan ukuran sinar matahari. Bahkan dapat pula kita sertakan pemandangan HDRI untuk alam sekitarnya. Hal tersebut akan jauh meningkatkan hasil render kita.

Pada tab Output, ini adalah yang paling mudah, seharusnya semua orang dapat menggunakan opt ini dengan mudah. Cukup ubah resolusi menjadi besar untuk mendapatkan hasil render yang tidak pecah. Bila ingin membuat hasil render menjadi 16:9 juga dapat dibuat disini. Sehingga nampak hasil render yang widescreen tanpa harus diotak atik di Photoshop.
Penjelasan singkat tadi merupakan gambaran tentang option yang biasa saya ubah. Seharusnya dengan bermain ketiga Option tersebut, sudah ada peningkatan di hasil render anda :)

kalau sudah, mungkin kamu bisa mulai mencoba dengan membuat modelmu sendiri ;) dan temukan keindahan dari karyamu !


You Might Also Like

0 comment