Masih ingat Grup Musik Tangga ?

23.29

Salah satu grup musik legendaris yang juga favorit saya. Tangga dengan personil 4 orang, yakni tata, nerra, kamga dan chevrina ini mampu menghipnotis banyak orang dengan lagunya yang bergaya pop, unik dan easy listening. apalagi buat orang kayak saya, yang senengnya lagu-lagu ringan, tapi berkualitas hehe.

Sebelum terbentuk seperti sekarang, Tangga sempat berganti-ganti personel. Awalnya mereka mengusung aliran musik hip metal. Namun seiring pergantian personel, musik mereka pun ikut berubah. Sampai akhirnya Tata, Kamga, Nerra, dan Desty mengeluarkan debut album mereka berjudul Tangga (2005) yang dirilis 23 Februari. Album ini mengusung musik pop yang easy listening, yang di dalamnya diselipkan rasa musik beragam, mulai dari R&B, rap, hingga dance. Dengan single "Terbaik Untukmu" dan "Hebat", nama mereka langsung melesat.
Rupanya kolaborasi 4 suara tersebut mampu menciptakan suara yang harmonis. Nerra yang melankolis dengan vokal mezzo soprannya memberi sentuhan pop yang manis. Desty dengan vokal alto yang sensual mengimbanginya dengan improvasi vokal yang khas. Sedangkan Kamga dengan vokal bariton memberikan warna musik yang beragam. Adapun Tata yang energik dan menyukai musik berbau distorsi menggawangi rapalan rap dengan vokalnya yang nge-bass. Sebelum serius bergabung di Tangga dan masuk dapur rekaman, mereka telah menekuni beragam aktivitas. Tata, Nerra, dan Desty berkecimpung di dunia model dan sinetron, sedangkan Kamga berkutat di bidang olahraga. Melihat kesuksesan album pertama, Tangga pun masuk dapur rekaman lagi mempersiapkan album berikutnya. Sayang, saat album sudah 95% rampung, bahkan cover album pun sudah jadi, dan single "Cinta Begini" telah dilepas ke radio-radio di seluruh Indonesia, Desty mengundurkan diri di awal Desember 2006. Setelah berkeliling membuka audisi singkat di sejumlah sekolah musik, mereka bertemu dengan Chevrina yang segera menggantikan posisi vokal alto Desty. 

Setelah lengkap quartet ini, lahirlah Tangga yang baru. Proses rekaman sekaligus mixing dikerjakan dalam waktu cepat sejak pertengahan Desember hingga minggu pertama Januari 2007. Album kedua pun dilepas dengan tajuk Cinta Begini. Seperti halnya album pertama, album ini juga tak lepas dari kiprah Harry Budiman, seorang produser, musisi, arranger, sekaligus vocal director yang sebelumnya sukses menggarap album grup Element dan Denada. 

Tak hanya menyanyi, Tangga juga terlibat dalam pembuatan lagu dan lirik yang dibantu Johandi Yahya. Melalui Oxygen Entertainment, Johandi juga bertindak sebagai managemen artis. Tangga juga pernah terlibat dalam proses penyiapan Theme Song, untuk film Lost In Love, bersama komposer musik Harry Budiman. Album ini tetap mempertahankan ciri Tangga yang selalu insert bahasa asing dalam lagunya. Album OST Lost In Love (2008) tersebut mengandalkan lagu "Kesempatan Kedua", "O Teganya", dan "Run Tita Run", selain ketiga lagu yang ditambahi lirik berbahasa Perancis.

saya hanya menyayangkan, kenapa grup musik dengan kualitas baik seperti tangga sudah jarang ada di layar kaca. seperti grup lainnya, macam ecoutez, maliq dsbnya yang notabene grup musik berkualitas di tanah air.

berikut ini video clip tangga yang menurut saya paling the best dari semua lagu tangga hehe




You Might Also Like

4 comment

  1. Masih ingat dong!
    Paling demen lagu Tangga yang liriknya rada galau :D
    Kesempatan Kedua, Cinta Begini, sama Cinta Tak Mungkin Berhenti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya yang galau2 emg enak :D

      Hapus
  2. Tangga adalah salah satu grup band yg paling saya sukai :) dr dulu sampai skrg
    dan lagu terfavnya cinta begini..haha
    mampir jg ya ktempat saya :)
    oh iya blognya sudah sy follow..ditunggu follbacknya sobat :)
    kesini http://tutorskita.blogspot.com

    BalasHapus