Seperti apa Kuliah Arsitektur ?

19.43

Pameran Sejarah Arsitektur 2 (karya saya yang atas) dari kiri ada dewa, mahen, saya, ogi
Halo! Saya mau mencoba menulis sesuatu yang berguna deh sesekali hehe. Setelah kuliah 3 tahun di Arsitektur UNDIP, mungkin ini saat yang tepat bagi saya untuk memberi gambaran tentang bagaimana lika-liku kehidupan ber-arsitektur ria. Kalau masalah polemik kerja di dunia arsitektur mungkin belum tepat, karena pengalaman saya masih sedikit, meski sudah merasakan beberapa proyek kecil. Rencananya, bila tidak ada halangan, semester depan saya sudah ambil Tugas Akhir, atau bahasa lainnya skripsi ya. Alhamdulilah semua SKS sudah dilumat habis, hingga pada semester 7 ini, saya hanya perlu mengambil 13 SKS!

Sebenernya bingung juga nih mau mulai dari mana ceritanya, tapi akan saya coba mulai dari perjalanan awal ketika berada di kuliah Jurusan Arsitektur. Secara garis besar, kuliah di arsitektur itu menyenangkan. Ada cukup banyak gosip yang beredar bahwa untuk bisa jadi Arsitek harus jago matematika! harus jago fisika! bisa gambar sambil merem! eiiits tunggu dulu, tidak semuanya benar. TAPI! kalo kamu menguasai semua itu, yaaaa kamu bakal jadi keren aja dikampus hahaha. Kasarnya, banyak kok temen-temen dan saya sendiri yang nggak jago itu semua, gak jago kok bangga, tapi memang penekanan dalam dunia arsitektur tidak hanya pada hal itu semata.

Kuliah di Arsitektur, itu ibarat mau makan gorengan pake cabe, enak sih, mantep, pedes-pedes gimana gitu, tapi mesti sediain minum *lah? Dimanapun kuliahnya, prinsip kuliah di Arsitektur kurang lebih sama, mengajarkan kita untuk selalu banyak melihat, banyak berpikir kritis tentang "kenapa sih bentuknya harus begini ? kenapa gak begini ?" Contoh sederhana, kamu pernah nggak berpikir, kenapa kapur papan tulis bentuknya tabung memanjang? kenapa di bagian bawah lebih besar dari bagian atas? kenapa? Jawab WOY! hahaha. Kurang lebih kamu akan banyak bertanya-tanya seperti itu, mengenai bangunan, bentuk, fungsinya, dsb. Kita juga akan banyak diajarin hal-hal yang dianggap sepele dan kadang bikin kita sebel sendiri, buat apa sih dipikirin -_- eh ternyata dibalik semua itu penting banget buat dipikirin.

Kuliah di Arsitektur, itu ibarat artis. Dilayar televisi, kita harus memperlihatkan sisi cantik, namun dibelakang layar ternyata kita harus kerja rodi pagi sampe pagi lagi. Ini bukan mitos, tapi fakta. Kalau di arsitektur itu kuliahnya ngga banyak teori, paling kita hanya diajarkan prinsip atau mekanisme dasar dari sebuah ilmu maupun studi kasus pada desain yang sudah ada, sisanya? tugas! Tugasnya sendiri beragam ya, di semester awal, mungkin tugasnya lebih ke membuat benda-benda seni. tujuannya untuk melatih kepekaan kita terhadap seni. Beranjak ke semester yang lebih tua, biasanya mulai bermain di eksplorasi bentuk bangunan, bikin-bikin gambar dsb. Kalau kamu pinter bagi waktu, biasanya sih nggak perlu lembur, tapi kalo kurang pinter bagi waktu, mau nggak mau kadang harus lembur sampe berhari-hari. asal gak minum kratingdaeng aja ya ! hehe

iseng tuh seru
yaa intinya mah, kuliah dimana aja, jurusan apa aja ya asik-asik aja selama kita suka dan enjoy hehe. saya pribadi enjoy kuliah di arsitektur, terlebih karena saya memang orang yang dari dulu seneng gambar2, seneng berkreasi, dan senang menumpahkan ide-ide dimana saja hehe. terlebih di arsitektur itu kompetisinya lumayan ketat, karena kamu harus berani jadi orang yang 'nonjol'. kamu harus berani memamerkan desain dan karyamu. bukannya jadi sombong, tapi tanpa orang lain tau karyamu, kamu gak akan keliatan di arsitektur. makanya di arsi sering banget ada pemeran hasil tugas, bahkan tugas seringkali di 'lombakan' biar keliatan mana yang paling jago desain. Jangan lupa buat mempersiapkan diri, terutama softwarenya. Tipsnya udah ada disini soal Software Wajib buat Anak Arsitektur.

dari yang awalnya bikin kamar norak kaya gini (semester 3)
sampai akhirnya bisa bikin yang seperti ini (graduate)

uniknya di arsi adalah, nilai itu relatif bro ! yap, karena bagus atau tidaknya desain memang relatif. kadang menurut dosen ini bagus, menurut dosen itu kurang dsb. jadi kalo dilihat seksama, yang paling jadi tolak ukur seperti ketepatan struktur, ketepatan besaran ruang, standar pengguna, dan kreasi penggunaan material. kurang lebih ya seperti itulah randomnya kuliah di arsi.

kalo di arsitektur, jangan heran misalnya ada yg sombong gini, "gue belom tidur nih seharian -_-"... "ah itu mah biasa! gue belom tidur seminggu !" *lebay. sebenernya gak sehat ya, jangan ditiru. sering-sering aja ke KFC bro *eh. kalo mau kuliah di arsitektur, sebisa mungkin jaga pola hidup sehat, dan tegas sama jadwal main-nugas. Baca pula gimana rasanya saat saya menghadapi sidang tugas akhir Arsitektur sebagai bayangan kamu jika masuk kuliah Arsitektur.

Dan tak hanya di Arsitektur, dimanapun itu, kalau kinerjanya lamban, berarti mainnya dikurangi. kalau cepet kerjanya, baru deh nggak apa mainnya banyak hehe. Nah kalau kamu ingin tau gimana rasanya setelah lulus kuliah di Arsitektur dan melanjutkan pekerjaan di Bidang ini, kamu bisa baca artikel yang udah aku buat tentang Junior Arsitek di Airmas Asri, salah satu konsultan Arsitektur terbesar di Indonesia.

You Might Also Like

92 comment

  1. cerita anak anak2 jurusan arsitektur dimana-mana kayaknya hampir serupa semua.. di UNSYIAH juga gitu

    BalasHapus
  2. oh iya kak, lebih banyak kreasi pake IT atau tangan sendiri? kira2 berapa pembagian persenanya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih mengarah pada sketsa sih di semester awal. soalnya nanti kepake buat bikin ide2 gitu. smester 3 keatas uda minta hasil akhir pake komputer, tapi tetep prosesnya memperlihatkan perjalanan sketsa biasanya

      Hapus
  3. Kak Fahry masih sementara kuliah di Undip atau sudah wisuda kak?

    BalasHapus
  4. Kak, aku pengen masuk Arsitektur UNDIP juga. Doakan.

    BalasHapus
  5. Jadi kalau kita mau jadi arsitek tapi nggak jago matematika dan fisika gpp? Kayak misal pengen masuk arsitektur karena memang suka desain dan gambar?

    BalasHapus
  6. Jadi kalau kita mau jadi arsitek tapi nggak jago matematika dan fisika gpp? Kayak misal pengen masuk arsitektur karena memang suka desain dan gambar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga masalah kok. di ars yang penting kreatif sih hhe

      Hapus
  7. kak, di UNDIP itu dapet sertifikat profesi gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. info yang saya dapat sampai hari ini, sertifikat profesi tidak didapat dari jenjang S1. Sehingga untuk berprofesi, atau membuka praktek sendiri, kita harus mendaftar ke asosiasi arsitek (IAI), dan sertifikasi itu minimal 3 tahun pengalaman kerja dibidang arsitektur. Ada juga sekolah profesi, namun saya belum tahu apa outputnya. salah satunya yg membuka sekolah profesi arsitek yakni UI

      Hapus
  8. Kalo boleh tau prospek kerja arsitek apa aja? Dan kebanyakan lulusan undip bekerja dmn aja? Thx

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Minta pin bb abang bisa... heheh banya yang mau d tanyakan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung ditanyakan disini, biar yang lain juga bisa menyimak atau menambahkan jika ada kekurangan :)

      Hapus
  11. Untuk prospek kerja arsitektur undip kak.

    BalasHapus
  12. Untuk prospek kerja arsitektur undip kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dunia kerja tuh luas banget, itu balik ke orangnya sendiri nanti bakal ke arah mana. minat dan kemampuan pribadi tuh berperan besar. belum tentu kuliah di arsitek akan jadi arsitek, masuk ke Bank pun bisa. jadi guru pun juga bisa! kalau mau coba baca ini http://www.fahryadam.com/2014/10/junior-arsitek-di-airmas-asri.html

      Hapus
  13. Bang, gua masih SMA nihh dan gua juga minat dijurusan arsitektur. Klo boleh tau ada group line para arsitektur nggk ya.? soalnya gua pengen masuk group itu juga, buat nambah nambah wawasan tentang arsitektur hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo grup line umum sih kurang tau ya, di facebook banyak kok grup arsitek buat umum, banyak juga yang suka tanya2 ataupun sharing. coba di cari aja

      Hapus
    2. Oke, thanks yaaa bang. Mudah mudahan abang jadi seorang arsitektur besar aminnn....

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. bang, bagi tips buat bisa ngatur jadwal biar engga sering lembur dong. hhehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha, lembur tuh artinya ngerjain tugas overtime, diluar jam yang seharusnya (jam kerja) artinya kita mengurangi jam untuk kegiatan lain. lembur tuh menurut saya ada 3 hal, bisa karena kitanya yang kurang giat, bisa krna pekerjaan kita overload (kebanyakan), bisa juga krna kita perfeksionis. coba diresapi aja, disitu kamu bisa tau gimana caranya biar gak sering lembur hhe

      Hapus
  16. Lulusan S1 arsi gelarnya S.Ars kan ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku kebanyakan masih ST (sarjana teknik). Di UI dan Unpar kalau ngga salah sudah S.Ars

      Hapus
  17. Kak, aku mau ambil arsitektur undip nih kak, makasih infonya kak, doain juga lulusnya hehe

    BalasHapus
  18. Kak, aku mau ambil arsitektur undip nih kak, makasih infonya kak, doain juga lulusnya hehe

    BalasHapus
  19. Kak.. aku keterima di arsitektur undip nih, makasih banyak kak infonyaa 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat yaa! semangat buat jadi arsiteknya

      Hapus
  20. kak saya masih sma kelas 2..
    didalam bidang angka saya paling lemah alias arghhh >_< ga tau apa apa :v fakta kak -,-
    dalam bidang desain/seni/menggambar aku mungkin 40% kak >_<
    nah kira kira bisa ga masuk kuliah jurusan arsitek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umumnya di jurusan arsitektur itu ngga perlu menghitung yang berat2 kayak logaritma, akar2 dsb. Simpel hanya desain, dimensi, luasan. Tapi... selalu ada mata kuliah matematika, fisika, maupun kalkulus. banyak temen2 yang juga kesulitan di mata kuliah tsbt dan harus mengulang (remedial). but its okay, kalau kamu yakin dgn arsitektur dan menyenangi bidang ini, pasti bisa hhe

      Hapus
  21. Ka saya ingin tanya. Jadi, setiap arsi di univ berbeda punya pendekatan nya masing2,seperti contonya ui pendekatan nya lebih kearah sosial arsitektur itb ke arah teknik nya,ini tidak terlepas siapa yang menjadi dosen,dosen tersebut menganut "aliran" apa, kurang lebih itu info yg saya dapatkan saat expo dibbrp univ. Kalo di undip pendekatan nya(dominan nya) kemana ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betul, setiap kampus punya cirinya masing-masing. Kalau dari pengelihatan saya sih undip cenderung open. alias ngga tau juga saya hehe. karena di undip diarahkan agar lulusannya mampu adaptasi disegala bidang. sehingga segi teknik dan seni coba diseimbangkan. Nih ya kata bos saya dikantor, dan bukan mendiskreditkan siapa2, lulusan UI punya ciri 'jago ngomong', lulusan ITB 'idealis', lulusan jawa (let say undip dkk) punya karakter ulet/rajin.

      Hapus
  22. Kak apa bedanya teknik arsitektur dengan arsitektur? Lalu bagaimana peluang kerjanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau arsitektur murni, yang dibahas lebih konseptual, pendekatan desainnya lebih banyak diulik, jadi ngga heran kalau murni arsitektur, desainnya lebih mendalam atau imajinatif karena batasan-batasannya dianggap bisa diselesaikan kemudian lewat teknologi dsb.

      kalau teknik arsitektur, mengikutsertakan pelajaran teknik terapan yang akan dipakai pada saat praktek di lapangan, contohnya kayak belajar dasar-dasar struktur, detail, material dsb, sehingga mikirin banget kalau arsitektur harus bisa terbangun, ngga hanya desain.

      peluang kerja keduanya sih kurang lebih sama ya. keduanya tetep dianggap lulusan arsitektur. tergantung nanti mau kerja jadi apa. karena pada saat kerja, tetep dituntut untuk belajar ilmu baru lagi

      Hapus
  23. Kalau minat arsitektur tapi engga jago gambar gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak ko yang ngga jago juga. lagian sekarang jamannya digital, jadi ngga perlu takut sih kalau memang minat di arsitektur

      Hapus
  24. Kak, boleh minta detail soal sks non-wajib yang arsitektur lansekap? Masih rada bingung itu fokus daerah desainnya gimana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya mata kuliah ttg lanskap atau jurusan arsitektur lanskap? soalnya beda tuh. kalau arsitektur lanskap memang fokus di lanskap. kalau mata kuliah lanskap di arsitektur/teknik arsitektur biasanya cuma sekedarnya (kurang mendalam) yang penting tau pola, kombinasi warna tanaman

      Hapus
  25. Kak aku siswa kelas 12 SMA pengen masuk arsitektur undip. Kira kira persiapan apa yang harus saya siapkan selain belajar untuk tes tertulis? Seperti melatih skil misalnya? Terimakasih kak minta doanya 😊

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  27. Kak kalo masuk arsitek tu tugasnya berat banget ga ya? Sampe begadang berhari hari gak sih? Aku kepikiran mau masuk arsitek tapi takut gakuat begadang T T

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah jadi kewajiban nanti mau gak mau bakal kuat sih, dan lama2 terbiasa atau bahkan jadi habit buat begadang meski ga ada tugas. apapun jurusannya, pasti punya sesi tugas-tugas yang bikin begadang juga kok

      Hapus
  28. wkwk gtu ya kak kuliah di arsi. aku mah pngn bgt ntr kuliah ambil arsi hehe

    BalasHapus
  29. Kak, biasanya UNDIP buka jalur SNMPTN atau SBMPTN itu tanggal berapa ya? Aku masih bingung banget soalnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku ngga tau kalo itu, harusnya guru kamu lebih paham

      Hapus
  30. Misi kak, mau tanya. Saya sudah akrab sama design grafis alias pakai PSD, Ai, sama Corel, bahkan tau sedikittt tentang AutoCAD, 3DMax, SketchUp, dsb. Jadi, mungkin ada nilai plus di penggunaan digital.
    Tapi kaak, jujur aku ga terbiasa gambar manual pakai tangan, karna udah kebiasa langsung digital. Dan hasil gambar aku rata-rata aja.. Untuk ngesketch juga menurut saya hasilnya ga sebagus hasil yang lain : (
    Menurut kakak, aman tidak ya kalau masuk arsitektur? Saya pingin banget masuk arsi, bayangin kuliahnya ngapain aja udah bikin senyum-senyum sendiri. Tapi, ya masalah sketsa tangan ini yang masih mengganjal. Hehehe makasih kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sudah senior pun belum tentu sketsanya bagus. kalau memang memiliki minat di arsitektur tentu akan menjadi modal motivasi sehingga pada saat kuliah bisa menjalani dengan enjoy dan maksimal

      Hapus
  31. Ka normal kuliah di jurusan arsitek itu brp tahun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya 3 tahun 10 bulan. teman2 normalnya banyak yang 4 tahun sudah selesai. tergantung orangnya aja sih. kalau lama bisa sampai 6 tahun.

      Hapus
  32. Kak, mata kuliah yg dipejari ttg apa aja kak? Matematika nya ttg apa? Fisika juga tth apa aja? Soalnya saya ngga begitu suka sama fisika

    BalasHapus
  33. Kak, mata kuliah yg dipejari ttg apa aja kak? Matematika nya ttg apa? Fisika juga tth apa aja? Soalnya saya ngga begitu suka sama fisika

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung universitasnya sih. kalau di undip dulu, matematikanya tidak sampai kalkulus, tapi banyak berkatian dengan trigonometri. kalau fisika, ada mata kuliah Mekanika Teknik, itu mempelajari ttg beban, gaya. balik lagi ke universitasnya, soalnya beda-beda

      Hapus
  34. Saya sih pingin masuk jurusan arsitek saya bisa gambar tapi gak terlalu jago sih. Kalo guru saya jelasin tentang gambar dimensi sketsa atau bangun gitu baru saya bisa. Tapi matematika sama fisika sih lumayan bisa, nah kira-kira bisa atau enggak masuk jurusan arsitek kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih bisa-bisa aja. tergantung minat kamu. kalau memang passion, yang namanya belajar jadi lebih enak. kuliah kaya dari nol lagi kok, jadi sama2 belajar

      Hapus
  35. Ass. kak aku mau nanya tahun ini kan aku pengen banget ngmbil jurusan aritektur, cuma yang jadi kendalanya itu akreditasi jurusan di universitas ny itu masih C, jadi yg tadinya yakin pengen ngmbil jurusan arsi jadi ragu gara-gara akreditasiny yg masih kurang, nah kira-kira akreditasi jurusan itu berpengaruh besar nggak buat kedepannya, contohnya mungkin bisa jadi kendala buat dapet pekerjaan or yg lainnya ? tolong ya kak solusinya, terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, beberapa pekerjaan seperti pegawai negeri terkadang memang harus menyertakan akreditasi universitas saat melamar. kalau swasta umumnya sih ngga, yang penting skill dan seberapa besar universitasnya. tapi ngga bisa dipungkiri bahwa akreditasi itu cukup penting. kalau kamu bisa memilih, sebaiknya lakukan dengan benar dari awal "do it right from the beginning", yakni memilih yg akreditasinya baik. Agar nanti kebelakangnya, peluang kamu buat dapet kerja lebih luas. kenapa ngga coba ambil arsitektur di universitas yang akreditasinya sudah bagus? UI misalnya?

      Hapus
  36. Assalamualaikum kak mau tanya, di arsi itu ada pelajaran proyeksi nggak?
    kalau ada, proyeksinya itu yang kayak apa? apakah banyak pemutaran pemutaran bidang? itu berpengaruh banget ga buat di arsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, jaman saya dulu adanya di mata kuliah gambar arsitektur, itupun cuma sepenggal aja ngga terlalu mendalam. biasanya memang hanya memproyeksikan denah menjadi gambar 3 dimensi menggunakan penggaris. dan selama 4 tahun kuliah, hanya dipake di mata kuliah itu aja sih hhe

      Hapus
  37. kak mau tanya bedanya jurusan aristektur SAPPK dengan teknik arsitektur itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAPPK setau saya hanya ada di ITB. SAPPK kan terdiri dari planologi, arsitektur dsb. harusnya sih sama aja. dan yang saya tahu, lulusan arsi itb tetep Sarjana Teknik, bukan Sarjana Ars. Yang S.Ars setau saya UI, sori kalau keliru

      Hapus
  38. kak, saya pengen kuliah arsitektur. saya cukup dikatakan lihai dalam menggambar, dalam hitung hitungan cukup bisa. saya takut jika mengambil kuliah arsitek, takut susah mencari pekerjaan. jadi kalo kuliah arsitektur, prospek kerjanya gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. prospek kerja arsitektur biasanya di konsultan, developer atau kontraktor. range gaji bervariasi, kamu bisa cek di google. kadang pns juga menerima arsitek seperti kementrian PU, perumnas, dsb. sejauh yg saya tau, memang lowongan arsitektur lebih jarang ketimbang sipil. banyak juga teman saya dari arsitek masuknya ke bank dsb. kalau mau fokus memang lingkup pekerjaan arsitek seputar dunia konstruksi

      Hapus
  39. Kak aku bca blog sebelah ktanya persentase lulusan jurusan arsitektur bisa mnjadi seorang arsitek itu kecil ya kak? Faktornya apa kak? Apa karena lapangan pekerjaan arsitek sempit atau apa ka? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jadi arsitek beneran itu perlu waktu, ada sertifikasinya. selama belum memenuhi, namanya masih kerja sama orang. mungkin arsitek yg dimaksud adalah arsitek yg punya biro sendiri, memimpin tim dsb. path menuju sana ngga sebentar, perlu pengalaman, dan gak banyak yg mau ambil jalur itu karena gaji di prosesnya kecil ketimbang profesi lain.

      Hapus
  40. Ka, saya baru lolos sbmptn arsi undip tapi juga lolos usm arsi unpar. Jujur saya bingung banget mau ambil yang mana, soalnya denger2 arsi unpar kan bagus banget (katanya terbaik se asia tenggara juga) tapi arsi undip juga top nya negri. Nah, kalo menurut pengalaman kaka cari kerja di jakarta, negri/swasta yang sama bagusnya itu ngaruh gasih ka? Trus S. Ars sama S.T. Tuh dipandangnya sama aja kaah? Makasih ka infonyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh galau ya hehe. kalau kamu rencana kerja di konsultan/developer swasta, lulusan unpar emg biasanya banyak dicari, karena pola pikir desainnya bagus-bagus dan kreatif. banyak top arsitek indonesia juga dari lulusan unpar.

      tapi kalau kamu ada rencana masuk pegawai negeri, kementrian dll, almamater universitas negeri cukup membantu. Lulusan undip banyak juga yang kerja di kementrian PU. Tapi ya rejeki ngga ada yg tau ya, pilih aja sesuai kebutuhan dan keyakinanmu. yg paling penting kamu ngejalaninnya dengan enjoy dan berusaha maksimal buat jadi yg terbaik.

      kalau soal S.Ars atau ST ngga berpengaruh kok. Saya udah kerja aja gak bawa2 nama ST tuh, cuma gelar doang sih. yg penting keahlian dan pengalamannya. mungkin berpengaruh kalau ada lowongan di pekerjaan negeri, kaya requirement (Teknik Arsitektur) dengan (Arsitektur murni) apakah sama atau beda itu saya belum tahu.

      setahu saya, anak Ars UI itu pakai S.Ars, dan ngga ada masalah saat apply kerja yang requirementnya Teknik Arsitektur. semoga jawabannya membantu ya

      Hapus
  41. Kak alhamdulillah saya diterima di arsi undip, kirakira semester awal kegiatannya apa aja&apa aja yang harus disiapin ya kak? Terimakasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah, apa ya hehe, awal semester saya kan udah 7 tahun lalu, pastinya banyak berubah skrg. info2 paling update bisa coba cek "amoghasida" itu himpunannya arsi Undip.

      palingan sih siapin aja perangkat gambar, karena semester awal bakal banyak banget kegiatan bikin sketsa

      Hapus
    2. Ohiya kak satu lagi hehe, buku / textbook gitu yang diperluin apa aja ya kak terimakasiih

      Hapus
    3. ooh kalo buku bacaan biasanya sih buku tulisan DK.Ching, Data Arsitek Neufert, itu sih yg saya inget. ngga wajib, namun referensi standar2 dan pengetahuan dasar arsitek bisa dibaca dari situ. kalo soal desain biasanya sih banyakin aja majalah2 arsitektur atau buku arsitektur luar negri

      Hapus
  42. kak banyak yg bilang jurusan ars itu tanggug mending teknik sipil, menurut kakak gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm menurut saya sih jurusan dibentuk karena adanya kebutuhan khusus didunia kerja nantinya. makanya setiap jurusan punya spesialisasi kerjanya masing-masing. kalau dibilang tanggung sih ngga ya, tapi jurusan teknik sipil cenderung lebih bisa digunakan pada berbagai aspek pekerjaan, karena ngga ngomongin soal struktur melulu, tapi juga ada sisi manajemen proyeknya. sedangkan di arsi lebih banyak soal human culture dan desain. balik lagi sih minatnya kemana.

      Hapus
  43. kak materi fisaka dan matematika di arsi itu apa aja ? , trus materi dasar yang harus dikuasai dari SMA apa aja?, termakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda beda sih, tergantung universitasnya. Ada yang minta sampai kalkulus, ada juga yang cukup sampai trigonometri. Kalau fisikanya lebih banyak membahas soal gaya (newton) seinget saya. Judul kuliahnya mekanika teknik.

      Hapus
  44. kak, saya sangat suka dan minat di mata pelajaran matematika dan fisika. saya jg cukup menguasai di bidang desain digital semisal menggunakan ps, corel dsb. tapi yg saya takutkan, saya org nya kurang kreatif kak, tp cukup bisa mengembangkan ide ide yg sudah ada. menurut kakak saya msh bisa gak ya ngambil Jurusan arsitektur? Karena tahun depan saya ingin ngambil jurusan arsitektur di undip (skrg saya baru naik kls 12)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa-bisa aja kok. menurut saya sih yg paling penting minat kamu aja. kalo enjoy, nanti ngejalaninnya ringan. di arsitektur memang rata2 mengembangkan ide-ide yg sudah ada sih, kalau benar-benar orisinil itu cukup sulit. pengalaman saya di dunia kerja pun, kita tetep harus punya referensi kalau mau mendesain biar klien tau nanti hasilnya bakal seperti apa (mirip2 sama apa gitu)

      Hapus
  45. Halo kak, Undip itu kan ada Arsitektur S1 dan D3nya. Itu perbedaannya apa ya kak dari segi perkuliahan, prospek kerja, dllnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya sih, kalau S1 banyak membahas mengenai konsep desain dan teori, kalau D3 cenderung ke praktek persiapan dunia kerja terutama dari segi gambar kerja. tentu S1 gajinya beda dengan D3. S1 arsi banyak yang jadi junior arsitek, kalau D3 jadi drafter (pembuat gambar kerja). Ada juga yang dari D3 ngambil kuliah lagi buat dapetin gelar S1. jaman sekarang, S1 aja banyak yg bilang ngga cukup, jadi banyak yang ambil S2

      Hapus
  46. Anak IPS bisa ngikutin gk yah kuliah di arsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm setau saya sih judulnya Teknik Arsitektur, jadi memang lebih condong buat IPA. saya adanya temen IPS masuk ke Desain Interior. Kalau IPS ke ars belum tahu ya. Kalau masalah bisa ngikutin atau ngga, itu balik ke pribadi masing-masing. coba di cek aja mata kuliah arsitektur dari universitas yang dituju, biasanya ada deskripsi mata kuliah tsb membahas apa

      Hapus
    2. Waduh masalahnya saya dari sma lulusan IPS lulus SNMPTN tahun ini pada prodi Arsitektur, ngeliat pengalaman di atas saya masih belum yakin

      Hapus
    3. Sementara pas di sekolah tidak dapat pelajaran Fisika sama sekali

      Hapus
    4. hehe diikutin aja pelajarannya, brarti belajarnya mesti lebih ekstra nanti. biasanya untuk matakuliah yang ada ngitung2 gitu, suka ada belajar bareng atau bimbingan dari senior

      Hapus
  47. Hi ka aku pingin tau silabus dan kurikulum arsitektur undip,tapi ko agak susah ya nyarinya,terutama silabusnya,mungkin kaka ada info?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya saya juga udah ngga tau hehe, bisa coba email ke jurusan atau buka ini https://laciarsip.wordpress.com/dosen-wali/kurikulum-8-semester/ disitu ada list mata kuliah sih, cuman belum ada penjelasan masing-masingnya apa

      Hapus
  48. Kak saya kls 12 skrg dan jujur pengen bgt buat masuk arsi. Ortu mengijinkan tp takut sy gakuat dan sy sndiri takut kalah saing sama mahasiswa lain yg udh jago bgt gambarnya sdgkan saya disini gambar masi kaya anak tk. Pertanyaan ini emg klise bgt tp dr pengalaman kakak, prnh gaksi kakak nemuin mahasiswa (atau bahkan tmn sndiri) yg awalnya gabisa apa2 dan dia bener2 bljr dr 0 smpe akhirnya dia bisa bersaing sama tmn2 lainnya? Btw thanks bgt buat artikel kaya gini, bener2 ngebantu anak2 sma yg masih bimbang buat masuk arsi. God bless kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, ngga kuat kenapa? ya anggap aja kaya sekolah. bedanya kalo kuliah, kamu nggak ada guru yang ngingetin atau marahin ketika kamu males, semua bener2 kesadaran pribadi aja buat bikin yang terbaik. kalo sekolah, kita belajar di sekolah, pulangnya ikut les. kalo kuliah, paginya ke kampus, pulangnya main sama ngerjain tugas. udah gitu2 aja :p

      aku ngga tau ya kalau yang dari 0 hehe. ada contoh kasus nih, dlu ada temen di awal semester dia udah kaya dewa bgt, jago banget deh gambarnya, tapi di lama kelamaan dia menghilang, tenggalam.

      kalo contoh kasusnya saya sendiri sih, saya ngerasa saya gabisa apa2 pas pertama. yang saya tau, saya suka gambar, tapi bukan berarti saya jago gambar. ya saya ikutin aja alurnya, berusaha yang terbaik, cari pergaulan yang baik. apalagi kalau kuliahnya jauh, biasanya nanti lebih wise buat memanfaatkan waktu. lama kelamaan, ya saya bisa jadi seperti sekarang :) kalo kamunya baik, jujur, dan pekerja keras, ada aja kok jalannya.

      Hapus
  49. Kak aku msih bngung nih mau ambil jurusan apa. tpi aku sendiri ada niatan dan berkeinginan buat ambil jurusan arsitek, soalnya aku suka gambar, trus tugas gambar disekolah aku juga sering dapet nilai bagus, temen-temenku jga sering menilai gambaranku itu bagus .nah diarsitek itu kan melekat sama matematika dan fisika, nah padahal aku lemah kak dalam berhitung .menurut kakak gimana, apakah aku hrus tetap mengambil keinginanku itu atau enggak ?dan diarsitek itu menekan pada apa sih kak, menggambar atau berhitung ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. matematika dan fisika memang ada mata kuliahnya, dan itu memang cukup sulit kok hampir buat semua mahasiswa. tapi itu hanya diawal-awal. setelah dilewati, nanti sebenernya juga ngga banyak kepake saat mendesain. kalau memang suka gambar, mungkin bisa lebih di 'spesifik'-an suka gambar seni atau teknik. krna kan arsitek spesifiknya berkreasi di bangunan, kalau interior berkreasi dalam ruangan, kalau seni murni spesifiknya berkreasi bikin gambar seni

      Hapus