Sidang Final TA 126/48 Arsitektur

00.28

sidang TA
Yeaaah ! akhirnya hari ini pun tiba setelah berbulan-bulan gue mulai tugas akhir. dan taraaaa! terhitung tanggal 20 Juni 2014 gue resmi lulus :D semua mata kuliah gue pun kelar dari Jurusan Arsitektur UNDIP yeaah! sekarang tinggal nunggu aja nih wisuda bulan Agustus. Hari ini gue juga cukup ganteng karena pakai jas buat sidangnya hehe. Biasanya gembel lusuh, khusus hari ini emang diwajibkan rapi karena final bro! selengkapnya bakal gue ceritain.

-----------------------------------------------------
Jadi di hari yang luar biasa ini, tepatnya di hari Jum'at, ada kegiatan sidang Tugas Akhir 126/48 untuk Tahap Desain Grafis. Ini merupakan tahap yang paling serem menurut gue, karena dalam jangka satu bulan, kami dituntut bikin gambar kerja seabrek, lalu maket, poster, trus ada imaji, laporan, presentasi, video animasi dan embel-embel lainnya.

Dalam pengerjaannya sendiri, gue lebih menfokuskan pada tiga hal, (1) Gambar Kerja CAD, (2) Maket 3D, (3) Poster Rendering. Karena ketiga hal tersebut menurut gue adalah inti dari tahap ini. sedangkan untuk laporan masih bisa dikerjakan secara cepat di akhir-akhir. Gambar kerja merupakan bagian yang memakan banyak waktu. Yapp, bermain Autocad dengan segala detail dan utilitas yang mesti digambar. Disini mesti banyak begadang deh karena ngerjain CAD lamaaa (soalnya gue gak jago ngeCad).

Di tahap Maket, gue memberanikan diri buat menggarap tanpa jasa pembuatan maket. Banyak dari berbagai pihak seperti adek kelas dsb yang menawarkan, namun gue memilih untuk mengerjakan sendiri bareng temen-temen yang belom ngambil TA. Dibantu bobby, dewa, dan deaniz, proyek maket ini pun kelar dalam waktu satu minggu (lebih lama 2 hari dari perkiraan gue). namun tetep tepat waktu, karena H-1, maket gue sudah jadi dan bisa di anter ke kampus (thx to tebe). Bersyukur karena biaya pembuatan maket ini hanya berkisar 500rb (belum sama traktir lho). 

maket skala 1:400 bikin manual sama dhion, bobby, dewa, deaniz. Thx a lot

Kemudian Poster, nah ini baru bisa gue kerjain kalo gambar kerja udah kelar dan fix. Namun pada bagian interior udah dicicil dari awal tahap desain grafis, karena bentuknya yang relatif tidak berubah-ubah. Dan menurut gue penting banget buat dicicil dari awal, karena rendering itu gak sebentar. Kebetulan gue punya PC sama Laptop, jadi kalo gue ngampus, PCnya gue tinggal buat ngerender.

3 Lembar poster A2 dengan alas Impraboard. Mahal cuy...
Kalo biasanya gue idealis dengan full render, sekarang cuma render ala kadarnya trus photoshop aja. praktis dan hemat waktu, soalnya di TA ini emang kalo bisa cepet dan sisanya buat istirahat hehe. lebih jelasnya bisa buka portofolio gue. Poster ini sudah ready H-3, ada baiknya print poster jauh-jauh hari karena bakal ramai. pas gue H-3 sih masih sepi :3 jadi kualitas kertasnya bisa yang the best. lucky

Dan tinggal laporan yang gue print malemnya H-1, kemudian di jilid di pagi hari. Pagi itu pun sudah pakai jas dkk, tapi gak repot bawa ini itu karena gambar kerja, maket dan poster sudah ready di kampus.

-------------------------------------

Paginya, sebelum jam 8 pagi gue udah ready di kampus. Saat itu kampus masih sepi, ada yos, indri, dan anak-anak maket (dimas dkk) yang dateng bantuin maketnya lita sama ima. Sidang dimulai sekitar jam 9an, agak ngaret dari biasanya memang. Suasana pun lebih mencekam dari sidang biasanya, karena ini FINAL BRO !

Sayangnya dosen pembimbing utama gue gak bisa hadir hari itu, keadaan jadi lebih mencekam. Gue berdoa aja, biar lancar disana. Liat maket anak-anak pada rapi dan kece-kece, bikin jiper dan mau ngunyah permen terus-terusan. but it's okay! meski proses sidang berlangsung alot dan panas (iye mati lampu), akhirnya kelar! agak takut juga karena ada pertanyaan yang bikin blunder dari dosen penguji.

Pas pengumuman pun nama kami satu persatu dipanggil.. Agak nyess pas dipanggil dan nunggu hasilnya..

"Fahry Adam.. (gue angkat tangan)

Lulus..

Dengan Nilai Akhir 84.." kata pak Septana.

fiuuuh leganyaa, sayangnya kebahagiaan itu gak bisa lepas, karena ada salah satu dari kami yang tidak lulus pada hari itu. Usai pengumuman baru deh kami foto-foto, tapi gue ngikut aja, gak pake kamera sendiri haha. terlalu capek dengan prosesnya, saatnya istirahat puasss dan nunggu wisuda agustus :))

dari kiri, Dhion, Firda dan saya (masih kurus)
Good Luck

Mungkin sampai disitu saja, apabila kamu punya hal menarik yang ingin disampaikan bisa langsung komentar dibawah. Thanks udah mau meluangkan waktu membaca blog ini, jangan lupa subscribe atau add Google+ saya! See you

You Might Also Like

6 comment

  1. mantap e bang, suksess slalu!
    Ad waktu ga? ane pengen main" nih ke kosan. yaa sapa tau dapat" ilmu :D

    BalasHapus
  2. haha kosan gw disaster, uda tinggal move out aja nih mang :p

    BalasHapus
  3. Kak, software yg sering kakak pake pas di jurusan arsitektur apa aja? Boleh tau kan? hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sketchup, autocad dan photoshop paling

      Hapus
  4. baru tau software yang kalian pake juga sama. Pengalaman sidangnya seru dag dig ser ya hahaha. Salam kenal dari Arsitektur Unsyiah bang, tahun depan Insya Allah lulus (Aamin)

    BalasHapus