Merayakan Ulang Tahun dalam Islam, Bolehkah ?

20.23


Tumben banget ya gue ngangkat topik soal agama hahaha. Gak tau kenapa cuman penasaran aja, karena yang gue tau dan dari yang gue pelajari pas sekolah (dulu gw sekolah SD-SMP Islam), menjelaskan kalo di islam sendiri ngga ada budaya merayakan ulang tahun. Lalu bagaimana dengan argumen bahwa, "merayakan ulang tahun kan bentuk dari rasa syukur.."  hmm oke masuk akal hehe. habis itu langsung bingung gara-gara ilmu gue gak nyampe hahaha.


Kegiatan pada hari ulang tahun hampir dinantikan oleh setiap orang, terlebih yang mengharapkan adanya kejutan di hari ulang tahunnya. Lalu apakah kejutan tersebut seperti gambar diatas ? Dengan melempar tepung, memecahkan telur ? jika seperti diatas, gue rasa wajar kalo dinilai kurang baik. karena juga merupakan perbuatan mubazir.

Pesta ulang tahun bukanlah warisan Islam, melainkan warisan asing, alias ajaran di luar Islam. Lalu gimana jika kita melakukannya? Berdosakah? karena tradisi itu adalah tradisi orang-orang Eropa, yang saat itu berkembang ajaran Kristen, maka pesta ultah tentu saja merupakan tradisi kaum non-muslim. Jika kita melakukannya, maka termasuk dosa.
Melakukan peringatan ulang tahun termasuk bertasyabbuh yaitu menyerupakan diri dan mengekor budaya orang-orang kafir non-muslim terutama orang-orang Yahudi dan Nasrani, sedangkan Rasulullah SAW bersabda: 
"Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dalam golongan mereka.” (HR. Abu Dawud)
 Dalam riwayat lain.
Rasulullah SAW bersabda : “Kamu telah mengikuti sunnah orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta. Sehingga jika mereka masuk ke dalam lubang biawak, kamu tetap mengikuti mereka. Kami bertanya : Wahai Rasulullah, apakah yang engkau maksudkan itu adalah orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani? Baginda bersabda: Kalau bukan mereka, siapa lagi?” (HR. Bukhari Muslim).

lalu gimana dong menyikapinya ? ternyata 'merayakan' pun seharusnya disikapi dengan sesuatu yang bersifat positif, seperti saling mendoakan. Sehingga bila kegiatannya 'berdoa dan makan-makan' bukanlah sesuatu yang salah, namun waktunya sebaiknya tidak pada hari ulang tahun tersebut. Anggap saja bukan perayaan ulang tahun, melainkan acara untuk makan dan saling mendoakan satu sama lain. Bukan dengan hura-hura dan mubazir.

sama hukumnya dengan valentine, natal dsb, hal-hal ini memang bukan yang diajarkan dan dicontohkan dalam islam. hanya karena topik ulang tahun memang sudah melekat pada tiap orang. sehingga bila ada yang ulang tahun, lebih baik disikapi dengan ucapan doa, namun tidak perlu mengatakan selamat ulang tahun. seperti "semoga Allah SWT senantiasa melindungimu dari perbuatan Maksiat" haha serem ya ? ya still better karena ucapan "selamat ulang tahun" hanya akan  meneruskan budaya yang tidak diajarkan di islam.

sumber : http://yarasyid.blogspot.com/2012/02/hukum-merayakan-hari-lahir-ulang-tahun.html

You Might Also Like

12 comment

  1. What do you love about traveling? There are many reasons why people love traveling: to meet new people, to see the beautiful world by our own eyes, to experience new things, to capture the beautiful moment, beautiful place with yourself in it, or just simple love the wanderlust feeling... Things to do will show you the best ideas to travel from all around the world, and makes you want to grab to backpack and go.

    BalasHapus
  2. Nice one.
    Peshawar is considered to be one of the most exciting and culturally rich places to visit. The city has a centuries-old history of Alexander, Mughals and different invasions. Known to be the route of the silk road for hundreds of years, it is known for its food, textiles and hospitable people. In this blog we will talk about best restaurants in Peshawar

    BalasHapus
  3. Nice article . Thanks for sharing , checkout my work on synthesis essay .

    BalasHapus
  4. Nice article , Thanks for sharing , checkout my work on scholarship essay examples .

    BalasHapus
  5. A graduation speech is one of the most remarkable, yet the most prepared event in the life of students. It is one of the reasons that students are often seen searching and looking for answers to the questions such as, what is graduation speech, how to write one, how to have an effective graduation speech.

    BalasHapus
  6. nice article , thanks for sharing , checkout my work on Rogerian argumentative essay

    BalasHapus
  7. nice article , Thanks for sharing , checkout my work on exemplification essay.

    BalasHapus
  8. nice article , thanks for sharing , checkout my work on Descriptive Essay.

    BalasHapus
  9. The ASA format is mostly used by the students of the sociological subjects and departments, the scholars, and the academics who deal in the studies that are related to sociology. It is certain that if a student fails to understand and use the correct approach towards the citation, it can lead to some major issues particular deductions in the marks, and discredits. For general information, it is inferred that the citation style is much similar to that of the APA citations, particularly in terms of the fact that both use parenthetical references that appear under the heading of references in the end. of precis.

    BalasHapus
  10. Being a college student as an individual has to come across and do different practices and conventions of academic writing. The underlying purpose of such academic conventions or writing conventionsis to make the essay writing techniques more efficient and the practices more easy and more comfortable. It is one of the most commonly used terms in the assignments of English Languages. Also one of the most commonly asked questions in writing is what are writing conventions? This blog will help you understand what a convention is and how it can help to understand conventions and why mastering it is crucial.

    BalasHapus
  11. Speech writing is one of the forms of communication. It is one of the ways of informing and evaluating the people while considering the underlying goals. Among different types of speeches, the significance of commemorative speech cannot be denied. It is defined as a form of speech in which an individual pays tribute to someone, it can be an event, an individual, or a group of people.

    BalasHapus
  12. nice article , Thanks for sharing , checkout my work on Literary analysis essay .

    BalasHapus