5 Tips Memotret Dengan HP/Ponsel

21.51


Handphone atau ponsel merupakan barang wajib di tahun 2015 yang selalu dibawa oleh setiap orang di muka bumi. Percaya atau tidak, hampir semua orang memiliki ponsel. Meski yang dimiliki beragam, ada yang hanya sekedar untuk komunikasi, ada juga yang lengkap fitur multimedia, bahkan fitur yang tidak perlu-perlu amat seperti berbody dari emas/berlian. Kebutuhan akan sosial media kerap memaksa kita untuk terus eksis dengan berbagai cara. Salah satunya adalah media foto yang membuat teman-teman di dunia maya tetap saling berinteraksi dengan cara visual.

Sebagai pribadi yang update, tentu sosial media kerap dihiasi oleh foto-foto ciamik yang membuat kita tertarik untuk ikut hunting foto-foto yang menarik. Alat termudah adalah dengan ponsel pribadi. Namun masalahnya tak jarang kita meremehkan kemampuan ponsel kita. Ataupun kita hanya memotret 'sekedarnya' tanpa unsur estetika. 

Gue disini juga masih belajar dalam hal fotografi dan masih sangat jauuuh. Karena gue anak arsitektur, sudah seharusnya gue juga memahami dunia foto meski kulit luarnya. Setidaknya ada beberapa tips yang bisa gue bagi, terutama buat lo yang bingung gimana caranya dapetin foto bagus dari kamera handphone.

Cahaya, Warna dan Kontras
Merupakan unsur yang penting banget untuk menentukan hasil foto. Semakin banyak cahaya yang didapet, hasil foto bisa lebih mulus dan tajem. Percaya atau nggak, foto di siang hari jauh lebih mudah untuk mendapatkan hasil bagus ketimbang malam hari jika menggunakan ponsel. 

 diambil di Karang Bolong Anyer

Berbeda ketika kamu ngambil foto dalam keadaan kurang cahaya. Meskipun indoor, berfoto dalam cafe, bisa saja kamu duduk di area pinggir kaca yang banyak cahaya dari luar, tentu pengambilan gambar pada makanan jadi lebih tajam dan menarik nantinya.  Usahakan jangan mengambil gambar hanya pada satu tone warna, melainkan beberapa tone yang miliki kontras berbeda, sehingga gambarmu akan lebih tajam. Atau bahasa arsiteknya, "terdapat penekanan yang menjadikannya aksen berbeda dari gambar latar"

Komposisi
Bermainlah pada komposisi yang berbeda. Dengan tidak selalu menempatkan objek berada di tengah layar ponselmu. Gunakan grid yang disediakan di hapemu untuk menentukan posisi objek.
Kalau kamu mau memotret obyek yang memiliki garis horizontal secara tegas, maka penting banget agar kamu menempatkan posisi foto sejajar dengan grid, sehingga tidak terlihat miring.

 diambil di Airmas Asri

Foto sebanyak-banyaknya
Ketika menemukan objek bagus, jangan hanya memotret satu kali. Usahakan memotret lebih dari satu kali untuk meminimalisir kegagalan. Tak jarang saat kita sudah pede bahwa foto kita bagus, pada saat diperhatikan lebih dalam, ada saja hal-hal kecil yang merusak foto kita. Setelah beberapa kali foto barulah kamu cek kembali foto-foto tadi mana yang baik untuk di publish di sosial mediamu. Keuntungan di ponsel jaman sekarang seperti android maupun apple ios adalah kemampuan foto yang cepat. Sehingga kita bisa mengambil gambar yang banyak. Contohnya pada Iphone yang memiliki storage besar untuk menampung banyak foto di gallery.

Perhatikan Delay Shutter
Tak jarang, terutama sebagian besar ponsel tentu memiliki delay shutter. Yakni ketika kamu pencet tombol capture, hapenya loading sebentar untuk menangkap gambar. Kamu harus hapal dengan kebiasaan ponselmu ini.


Jika tidak, saat kamu pencet tombol dan terburu-buru menggerakan ponsel, bisa saja hasilnya akan blur/goyang. Sehingga objek yang kamu inginkan tidak berhasil mendapat fokus terbaik. Biasanya hal ini disebabkan oleh memori kamu yang mulai penuh, hape kamu yang memang lemot atau karena kondisi cahaya yang kurang terang. Bila kondisi terang masih suka blur, sepertinya memang masalah hapenya hehe.

Jangan Zoom
Ingin gambar yang kamu hasilkan jelas dan jernih? majulah dan dekati objek. Fitur zoom tidak membuat hasil gambarmu lebih baik. Kecuali jika kamu menggunakan lensa optikal seperti DSLR, Jika ingin tambahan lensa tele untuk ponsel, bisa saja menjadi solusi untuk zoom. Sayangnya lensa yang beredar untuk ponsel masih jauh jika disandingkan dengan kualitas lensa tele DSLR. Jadi sebaiknya, berjalanlah! jangan malas hehe. Namun terkadang ada juga aliran foto yang memang ingin memperlihatkan bintik2 noise akibat zoom, ini juga bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk kamu publish di media sosial seperti instagram. 

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada saran, boleh ditulis dikolom dibawah. ciao!

You Might Also Like

0 comment