Mengenal Hunian Apartemen

21.28

Apartemen merupakan suatu hunian vertikal yang sedang tumbuh pesat di era modern ini. Sebagai sebuah alternatif hunian yang lebih ramah lingkungan dengan upaya menekan luas tanah yang digunakan apabila menjadikan sebuah area menjadi landed house atau rumah pada umumnya. Sebagai seorang arsitek tentu suatu ketika kita akan berhadapan dengan desain apartemen. Contohnya gue yang sedang panas-panasnya mengerjakan dua buah proyek apartemen di daerah Jakarta. Jadi buat yang belum paham tentang apartemen bisa disimak sedikit ulasan mengenai hunian satu ini. Dari jenis apartemen yang beredar di masyarakat, umumnya dibagi menjadi tiga kategori, diantaranya adalah Apartemen Sewa, Condominium, dan Condotel.

Apartemen Sewa, merupakan apartemen yang dibangun oleh pengembang, namun tidak untuk diperjual belikan sebagai hak milik, namun memiliki status sebagai hunian sewa atau kontrak. Tidak begitu berbeda jauh dengan rumah kontrak ataupun kost. Bedanya hanya unitnya berupa sebuah apartemen. Umumnya rentang sewa sebuah unit apartemen minimal memiliki masa kontrak 6 bulan hingga 1 tahun. Apartemen jenis ini seringkali sudah full-furnished atau dilengkapi dengan perabot keperluan penghuni, seperti meja, lemari, maupun kasur.

Condominium atau yang dikenal dengan Apartemen Beli, merupakan hunian vertikal yang diperjual belikan dengan sertifikat hak milik (strata). Sehingga pembeli memiliki kuasa atas unit hunian apartemen tersebut. Jenis apartemen ini sering dijadikan salah satu alternatif investasi terutama pada apartemen dengan brand developer ternama serta lokasi yang strategis.

Condotel atau Condominium Hotel. Dari kedua kata tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa Condotel adalah unit apartemen yang dapat dibeli, namun penggunaannya dialih fungsikan sebagai hotel atau unit sewaan. Sehingga pemilik unit tidak benar-benar tinggal disana, melainkan menyewakannya untuk tujuan sebagai unit sewa. Pemilik umumnya memiliki hak menempati unit berkisar 20-30 hari dalam satu tahun. Adapun unit yang disewakan, akan dikelola oleh pihak manajemen Condotel yang nantinya baik dari pemilik dan pengelola akan berbagi royalti dari hasil sewa unit.


You Might Also Like

0 comment