Data CAD Wilayah Se-Indonesia

21.11

Hi guys! Kembali lagi bersama saya, pada artikel kali ini saya akan membagikan kepada temen-temen, terutama yang bergelut dibidang teknik untuk mendapatkan data AutoCad dari wilayah di Indonesia. Pastinya temen-temen bakal kebingungan untuk mencari data-data tersebut, nah disini saya mencoba nge-share gimana caranya biar kalian bisa mendapatkan data tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, namun tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Awalnya saya hanya ingin mencari data untuk tugas saya, yakni peta Pulau Morotai. Bingung kan gimana nyarinya kalau bukan mendatangi instansi pemerintah? lalu saya mencoba dengan menghubungi Badan Informasi Geospasial, dan beruntungnya direspon dengan sangat cepat.

Peta Cad Pulau Morotai

Sebagai penggiat dunia konstruksi, tak jarang saya membutuhkan data berupa peta kontur maupun data batasan administratif wilayah. Jika kamu bekerja di konsultan, umumnya perusahaan sudah memiliki database sendiri, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencarinya. Namun bagaimana dengan mahasiswa? terlebih jika kamu tidak punya banyak waktu. Jika cara lama adalah dengan membuat surat dengan kop resmi lalu memberikannya ke instansi terkait, itupun harus menunggu beberapa hari hingga permohonanmu disetujui. Kini ada cara yang bisa dibilang super cool! mungkin saya norak ya, tapi ini penting banget buat banyak orang yang belum tahu. Dengan cara ini kamu bisa mendownload seluruh wilayah indonesia dengan format cad dan beberapa format lainnya.

Download CAD Peta Indonesia

Macam-macam jenis format peta yang disediakan
Gambar diatas merupakan tampilan yang bisa diakses oleh masyarakat umum untuk mendownload peta indonesia. Sangat lengkap! dari mulai tingkat detail skala 1:250.000, 1:50.000 hingga 1:25.000. Paket peta yang disediakan beragam, ada kontur, lingkungan, penutup lahan, batas wilayah, garis pantai hingga hidrografi. Semua bisa kamu download secara gratis sob! Beragam pilihan format file juga disediakan, seperti shapefile, file geodatabase, autocad dwg, autocad dxf hingga DGN.

Berikut akan saya jabarkan bagaimana cara mendownload CAD Peta Wilayah Indonesia.

2. Pada kolom data, isilah dengan nama dan email yang benar
3. Pilih jenis peta RBI yang diinginkan. 250K, 50K dan 25K menandakan tingkat detail skala yang digunakan. Semakin kecil maka semakin detail, namun tidak menjamin bahwa file tersebut tersedia.
4. Centang "saya menyetujui" lalu akan keluar konfirmasi "OK"
5. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman yang berisi gambar peta Indonesia.


6. Perbesar peta, dan cari wilayah yang kamu inginkan.
7. Pilih area yang akan di download dengan menggunakan opsi di kanan seperti Polygon, free hand, rectangle. Saya lebih suka menggunakan rectangle, yakni bentuk kotak.
8. Pada layers peta, saya cenderung membiarkan apa adanya, dengan begitu file yang terdownload adalah file keseluruhan.
9. Kemudian kamu bisa pilih format yang kamu inginkan untuk didownload, saya cenderung menggunakan format AutoCAD DWG versi 2007.
10. Jika dirasa sudah sesuai, maka kamu bisa klik Unduh dan akan keluar seperti gambar dibawah


11. Tunggu beberapa detik, maka file kamu siap didownload

File yang ada di situs tersebut sangatlah luar biasa. Karena banyak sekali data-data yang bisa digunakan untuk media pembelajaran. Ketika kamu sudah mendownloadnya, tidak perlu bingung, karena file tersebut terdiri dari pecahan-pecahan file. Kamu perlu menggabungkannya dengan teknik Xref. Masing-masing file sudah memiliki koordinat Geo-tag masing-masing, sehingga jika digabungkan dengan xref, lokasinya akan berada di titik yang sama. Sehingga tidak akan meleset atau kamu tidak perlu copy-paste dan menyocokkannya sendiri.

Semoga yang saya sampaikan bermanfaat, thanks for reading!

--- Update 10 Oktober 2017 ---

Menindaklanjuti komen teman-teman dan pertanyaan via IG tentang peta CAD Indonesia, ternyata memang webnya sudah agak berubah dari terakhir saya ngepost tentang hal tersebut. Maka saya coba buka kembali webnya, dan ada beberapa hal yang mungkin perlu temen-temen ketahui.

1. Buka website http://tanahair.indonesia.go.id, disana akan ada tampilan seperti dibawah


2. Setelah di klik Masuk/Daftar, tampilannya akan seperti ini pada halaman login. Pilih Daftar sekarang. Disana kalian diminta mengisi username, password, data diri dan sebagainya.

3. Setelah selesai mengisi data tersebut dan sukses mendapatkan akun. Kalian bisa login menggunakan username dan password tadi.

4. Jika sudah, tampilan yang akan muncul seperti gambar dibawah. Jika kalian ingin mendownload Peta, maka pilih Ina-Geoportal PETA.

5. Setelah itu akan muncul tampilan seperti yang saya pernah jelaskan di awal postingan. Nah barulah kalian bisa mengikuti step-step yang saya jelaskan sebelumnya diatas untuk mendownload. Semoga terbantu ya


Macam-macam jenis format peta yang disediakan

You Might Also Like

5 comment

  1. Kak, setelah masuk ke link, saya tidak memperoleh tampilan halaman seperti pada foto di atas.. Saya juga sudah mencoba mengexplore sendiri tapi tidak bisa sampai pada tampilan seperti itu. Bagaimana caranya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya saya coba juga sudah berubah. coba email ke adminnya aja. waktu itu saya dibalas kok

      Hapus
  2. Kak, saya sudah berhasil download. tetapi kenapa file autocadnya setelah dibuka hanya sedikit sekali ya datanya? hanya 1 garis polyline curvy, tidak lengkap sama sekali. bagaimana cara menampilkan keseluruhan data kak? ini seperti ter-hide. atau memang seperti, tapi kok aneh kalau iya, karena tidak ada informasi apa2 hanya 1 garis yang smestinya banyak garis kalau peta. Terimakasih banyak kak, mohon respon & bantuannya.

    BalasHapus
  3. di penjelasan kk ada file xref untuk gabungkan datanya, tetapi di folder hasil download tidak ada attachment data cad yang lain selain 1 Cad itu, yang lain hanya ada file .xml dari file cad tersebut. Apa ada cara tertentu untuk melengkapi data itu atau mungkin datanya tidak lengkap/tersedia dari databasenya? Jika berhasil seperti pengalaman kk sebelumnya apakah folder download tadi berisi beberapa file cad yang utama dan xref tambahannya? Saya sebelumnya juga kurang mengerti tentang xref kak, maaf sebelumnya jika sy banyak bertanya. mohon dibantu penjelasannya kak.. Terimakasih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah direspon via IG ya. maksud dari xref di artikel ini bukan dari file sumbernya, melainkan kita secara inisiatif menggabungkan file-file yang sudah di download untuk di superimpose. teknik yang saya pakai adalah
      xref, bisa juga kalau mau dengan teknik copy-paste as block di CAD. xref saya pakai agar koordinatnya tidak berubah. adapun kalau file aslinya hanya berupa garis, itu saya kurang tahu ya. bisa dicoba dengan wilayah lain apakah juga seperti itu, atau memang data dari sananya tidak tersedia maka hanya berupa garis. coba di download juga berbagai skala yang tersedia. mungkin di skala kecil tidak ada datanya, namun di skala besar bisa ada datanya. semoga membantu

      Hapus