Matkul Manajemen Proyek Semester 1

22.08

Seharusnya sih ini adalah waktu yang tepat untuk saya ceritakan tentang mata kuliah semester 1 program Magister Manajemen Proyek di Universitas Indonesia. Tak terasa saya sudah memasukin babak UTS di semester 1. Well, tulisan ini saya dedikasikan untuk teman-teman yang ada rencana ingin ambil S2 Manajemen Proyek dan belum begitu memahami ranah ini. Jika dulu pernah bekerja di bagian manajemen proyek mungkin sudah mengerti garis besar dari peminatan ini. Pada semester 1 tahun ajaran 2016, saya mendapat empat buah mata kuliah, yang nilainya masing-masing adalah 3 sks. Sedikit sekali ya jika dibandingkan dengan S1 dulu. Lalu apa saja yang dipelajari? saya mempelajari mata kuliah Manajemen Proyek, Matematika Terapan, Investasi dan Sistem Rekayasa. Keempatnya akan saya jelaskan disini.


Ada matematika? Sayangnya ada. Dan baru ada pada tahun ini, jika hasil evaluasinya baik mungkin akan tetap ada di tahun-tahun selanjutnya. Pada Matematika Terapan, seperti judulnya, mata kuliah ini mengajarkan kami untuk menerapkan matematika pada dunia nyata. Ada beberapa buku wajib pada mata kuliah ini, dengan nama pengarang Kreyzing, Chapra dan Larsen. Pada minggu-minggu awal sebelum UTS, kami banyak mendapat pelajaran mengenai integral dan differential. Terdapat pula Matriks dengan penyelesaian dekomposisi LU. Hingga materi yang saya menuliskannya disini saja bingung, namanya ODE dan teman-temannya. Pada musim setelah UTS, kami banyak belajar mengenai statistik. Lalu gimana dengan performa mahasiswanya? pada bisa? hmm, sepertinya kamu sudah tahu jawabannya hehe. 


Manajemen Proyek, merupakan mata kuliah yang tidak hanya diambil oleh peminatan manajemen proyek, namun juga manajemen konstruksi dan manajemen infrastruktur. Di mata kuliah ini, banyak sekali hal-hal teoritis yang dihubungkan dengan proses di lapangan. Akan sangat terbantu sekali jika kamu memiliki pengalaman di lapangan seperti kontraktor, karena mata kuliah manpro menjelaskan betul bagaimana proses terjadinya proyek dari awal hingga akhir. Di mata kuliah ini, kami juga dituntut untuk membuat tugas besar berupa makalah manajemen proyek, lengkap dengan dokumen project charter hingga dokumen hasil serahan. Tenang, hanya contoh. Dan yang kami buat harus berdasarkan proyek real, sehingga diharapkan kamu atau teman sekelompokmu ada yang punya koneksi ke proyek.


Investasi merupakan lanjutan dari ekonomi teknik. Buat yang pernah belajar ekonomi teknik mungkin akan lebih mudah menjalani kuliah ini. Sayangnya saya di arsitek dulu tidak diajarkan. Rata-rata teman-teman sipil sudah pernah mendapatkan ekonomi teknik. Intinya sih menghitung inverstasi yang dilakukan saat ini dan mengetahui nilainya di masa mendatang dengan adanya nilai interest, inflasi, bahkan pajak.


Sistem Rekayasa merupakan mata kuliah yang saya paling sukai, setidaknya sampai uts hehe. Pada mata kuliah ini, kami dituntut untuk membuat sebuah sistem dengan penambahan nilai fungsi, sehingga sistem tersebut memiliki nilai tambah. Dan nantinya akan dihitung secara investasi mengenai kelayakan dari sistem tersebut. Intinya sih seperti itu. Saya dan tim pada tugas UTS ini membuat sistem transportasi di Pulau morotai dengan penambahan nilai di kereta, stasiun, bandara. Karena kuliah ini ada hasil desainnya, makanya saya senang sekali hehe.

mungkin itu yang bisa saya ceritakan, jika ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan bisa langsung komen dibawah. trims

You Might Also Like

0 comment