5 Cara Simpel Memotret Makanan yang Instagramable

23.57

Budaya tidak hanya sekedar makan kian menjamur di era digital. Terutama dengan hadirnya ponsel, kemudahan dalam mengabadikan gambar semakin merambah ke semua kalangan. Makan tidak lagi hanya sekedar makan. "Makan juga harus cantik" kata sebagian food lover. Berbagai media review makanan selalu menghadirkan foto-foto indah akan makanan yang terlihat cantik. Tidak mau kalah, semua orang berlomba-lomba melakukan foto yang instagramable pada makanan. Bukan hanya makanan yang jadi penentu, namun lokasi juga merupakan faktor yang amat krusial. Karena makanan yang dihias cantik beserta interior yang mendukung hanya terdapat di tempat-tempat yang sesuai. Berikut ada beberapa cara simpel yang bisa dilakukan untuk mendapatkan foto cantik pada makanan yang instagramable.

Sapo Tahu dipotret pada siang hari sekitar jam 2 pada lokasi semi-outdoor
Cahaya yang Baik
Pencahayaan terbaik yang bisa didapatkan umumnya berasal dari cahaya alami. Kalau kamu niat banget, kamu mungkin akan bawa flash atau strobe untuk memotret makananmu. Tapi apa iya ke restaurant pakai flash begitu? Simpel saja sih. Itu sebabnya banyak sekali restaurant kekinian yang digeluti anak muda bertemakan semi-outdoor. Biasanya mereka memiliki interior dengan jendela-jendela besar agar cahaya dapat masuk, atau memiliki atap yang transparan dari kaca seperti berikut,


Sehingga penting banget buat kamu yang ingin memotret makanan dengan cantik dan cocok untuk instagram, agar memilih tempat-tempat seperti itu. Spot yang kamu pilih juga sebaiknya berada di dekat jendela atau sumber cahaya. Datanglah pagi jam 10 atau jam 2 sore, karena itu adalah waktu yang baik saat matahari berada sekitar 45 derajat. 

Tata Makanan dengan Cantik
Sepele tapi pengaruhnya besar. Merubah tatanan mampu meningkatkan nilai "instagramable" foto makanan kamu. Biasanya foto dilakukan sebelum kamu mulai makan. Jadi segeralah tata makanan kamu jika posisinya kurang pas. Misalnya pada makanan Fish and Chips, tatanan batang kentang yang berantakan akan berbeda hasilnya dengan yang rapih. Sebuah pelengkap seperti daun mint yang diletakkan diatas selai Fish Fillet akan membuat mood makanan kamu lebih classy.

Eskrim kfc di meja taman outdoor sebuah mall pada siang hari sekitar jam 10
Biasanya untuk mempermudah pekerjaanmu, kamu bisa memilih restaurant atau cafe yang jelas-jelas sudah peduli akan tatanan makanan tersebut. Sehingga kamu tidak perlu terlalu effort dalam menatanya. Kamu bisa browsing menu makanan dari restaurant favorit dari google maupun aplikasi makanan seperti zomato. Jika dirasa sulit untuk menata makanan, kamu bisa menambah elemen dengan tangan yang sedang memegang sendok tanpa menghancurkan tampilan makananmu.

Pemilihan Alas Makanan
Lagi-lagi hal yang sepele tapi pengaruhnya bombastis. Simpel banget deh, tapi ini bisa merubah tampilan foto makanan kamu. Alas makanan atau biasanya meja tempat kamu menaruh makanan dapat memberi efek yang signifikan pada hasil foto. Kecenderungan saat ini adalah trend alas makanan bergaya serat kayu. Biasanya cafe-cafe masa kini telah menggunakan kayu sebagai alas untuk makanan. 


Tidak seperti restaurant cepat saji yang kebanyakan menggunakan alas HPL polos. Namun background polos juga bisa jadi menarik lho, tergantung dari subjek fotonya. Background polos cukup bagus kok kalau dipadukan dengan makanan yang colorful. Selain itu kamu juga bisa menambahkan tissue atau sapu tangan dibawah piring kamu untuk menambah kesan estetis. Seperti berada direstauran mahal ya hahaha. 

Aksesoris Pendukung
Dalam memotret makanan, tentu akan membosankan jika dalam satu frame hanya terdapat piring yang berisi makanan saja. Biasanya akan dilengkapi dengan sepasang sendok dan garpu, entah diletakkan di piring tersebut atau di meja. Bisa juga dengan menambah minuman, pot bunga ataupun gadget yang kekinian. Tak jarang orang menaruh kamera atau ponselnya disebelah piring, meskipun tidak ada kaitannya dengan makanan. katanya sih lifestyle, hmm.

foto semi-outdoor sekitar jam 1 siang
Jika kamu punya barang lain seperti buah, apel contohnya, dapat menjadi aksesoris yang cukup ciamik. Apel dan jeruk merupakan buah yang dapat memberi kesan segar dalam fotomu, selain warnanya yang cerah, juga kesan menyenangkan yang dimiliki buah tersebut. Ada pula yang suka menabur bahan-bahan mentah seperti biji-biji pala, cengkeh dan lainnya, untuk memperkuat ke-khas-an dari makanan yang ingin di potret.

Sudut Pengambilan Gambar
Salah satu sudut pengambilan gambar yang cukup populer adalah dengan gaya flat-lay, yakni melakukan foto dari atas, persis tegak lurus makanan. Cara ini cukup efektif untuk menampilkan banyak makanan atau aksesoris pada sebuah bidang. Sehingga akan muncul banyak elemen pendukung dari makanan yang muncul pada frame foto. Biasanya teknik ini cukup tepat digunakan jika wadah makanan yang digunakan lebih tinggi dari makanan itu, seperti mangkok besar yang akan menutupi makanan jika difoto dari mata normal.

Kemudian perhatikan juga lingkungan sekitar. Jika lingkungan sekitar kurang bagus, bisa dilakukan metode flat-lay. Namun rasanya buat temen-temen yang malu foto sambil berdiri buat flat-lay, harus cari cara untuk foto dari sudut normal ya hehe. Puter-puter aja piringnya! tapi jangan kelamaan, nanti makanannya keburu anyep.

Ketika mau foto tapi lampu persis ada diatas kepalamu, shadow kacamatanya, gak nahan!

You Might Also Like

0 comment