Fuji XC16-50mm OIS Review

21.54

Halo! Pada kesempatan ini saya mau coba buat artikel lagi tentang fotografi, kebetulan lagi seneng-senengnya digeluti sambil beraktivitas, alias hobi. Setelah beberapa waktu lalu saya menulis mengenai review lensa kit XC50-230mm, sekarang saya mau mencoba mereview lensa XC16-50 OIS I. Kalau tidak salah pada tahun 2015-2016, lensa kit ini sudah mengalami pembaruan menjadi OIS II. Bundling OIS II dimulai dari XA2 pada saat itu. Nah sebagai lensa yang pastinya dimiliki hampir semua pengguna fuji entry level, yuk kita coba ulas mengenai lensa ini.


XC16-50mm OIS
Dari jajaran lensa kit yang ditawarkan FujiFilm, ada dua jenis lensa kit yang bisa kamu ambil. Dengan harga yang lebih miring biasanya akan ditawarkan XC16-50mm sedangkan dengan harga yang lebih tinggi ditawarkan XF18-55mm. Lantas apa bedanya? saya ngga akan menjelaskan terlalu banyak mengenai lensa XF18-55mm, yang paling terasa perbedaannya adalah dari jenis material body yang digunakan. Pada body XC16-50mm, masih menggunakan plastik untuk sebagian besar material pembentuknya, sedangkan pada XF18-55mm menggunakan material yang lebih premium seperti metal.


Di body lensa XC16-50mm tidak ada aperture ring, sehingga kamu perlu mengatur bukaan melalui body kamera. Pada ring zoom maupun ring fokus tidak ada karet, seperti XC50-230mm yang menyediakan karet pada ring zoomnya. Dengan ukuran filter 58mm, lensa ini cukup umum untuk digunakan pada aksesoris yang ada dipasaran. Ukurannya pun sama dengan XC50-230mm, sehingga kamu dapat bertukar aksesoris pada keduanya. 

Review ini mungkin lebih tepat buat yang akan beli kamera fuji ya, karena umumnya kalau yang beli fuji dengan kit sudah merasakan lensa ini. Secara image quality lensa ini cukup mengesankan, tajam dan mencakup focal length yang luas. Pada focal 16mm, kita bisa memotret landscape dengan leluasa. Pada focal length 50mm juga cukup menarik untuk potrait manusia. Sayangnya dengan aperture f/3.5-5.6 masih kurang besar untuk mendapatkan bokeh yang maksimal.

Pada penggunaan sehari-hari, lensa ini sangat berguna sekali karena bisa menangkap gambar dengan cukup luas. Penggunaan zoomnya memungkinkan kita untuk meng-compose gambar lebih baik ketimbang melakukan crop pada saat editing image. Namun harus saya akui, bahwa lensa ini mulai jarang digunakan ketika saya mengenal prime lens. Yang mengejutkan adalah ketika saya membawa lensa ini ke puncak, dimana prime lens tidak mampu mencover landscape yang saya ingin masukkan ke dalam gambar saya. focal length 16mm sangat berguna pada saat ingin memotret landscape.

Hasil XC16-50mm di FL 16mm Aperture f/4 Shutter 1/6s ISO800, OISnya sangat baik
Hasil XC16-50mm di FL 50mm Aperture f/5.6 Shutter 1/160s ISO2000, tajam dan cantik

Nggak banyak sih yang bisa diomongin soal lensa ini. Soalnya ini lensa versatile alias luwes banget buat dipake kemana-mana. Ukurannya yang tergolong standar dan ringan bikin mirrorless kamu jadi enteng. Tapi ngga cukup kecil buat streetphoto, masih mencolok sih menurut saya. Saya bilang sih lensa ini cocok banget buat kamu yang masih pengen belajar dan belum tau arah penggunaan kamera ini bakal kemana. Karena kalau udah tau arahnya bakal kemana, kamu kemungkinan nggak pakai lensa ini lagi, dan akan loncat ke lensa yang jauh lebih premium sekelas XF16-55mm yang harganya hampir 20juta.

Buy or No buy?
seperti biasa, balik lagi ke kebutuhanmu. Perbedaan lebar focal length lensa ini dengan XF18-55mm tidak begitu signifikan. Namun pertimbangan ini bisa kamu pikirkan jika

"kamu butuh lensa kit yang cocok untuk segala kebutuhan, dengan harga terjangkau, masih belajar fotografi"

namun jika kamu memiliki dana lebih untuk membeli lensa yang sedikit lebih mahal sekitar 1,5juta, maka XF18-55mm bisa jadi pertimbangan untuk body yang lebih baik. Tapi saran saya sih, kalau sudah ada 16-50, mending nabung untuk lensa prime seperti 35mm, 23mm atau 56mm.

*pixel peeper : biasanya yang perfeksionis sampe ngezoom gambarnya udah tajem banget apa belom (baca:gue)
lihat juga review saya soal lensa fuji, Review XC16-50mm, Review XC50-230mm, Review XF18-55mm

You Might Also Like

0 comment