Persiapan Awal Kuliah Arsitektur

16.17

Halo! Apa aja sih persiapan awal kuliah arsitektur? Mungkin ini akan jadi sebagian pertanyaan yang ada dibenakmu setelah lolos seleksi ujian masuk perguruan tinggi. Saya sih ngga akan ngebahas kalau kamu harus nyari kos dsb, plis itu tanggung jawab masing-masing ya. Tapi disini yang akan saya bahas khusus pada jurusan arsitektur, ataupun teknik arsitektur secara global. Mungkin disebagian kampus enggak sama, tapi dikampus saya kurang lebih seperti itu, Universitas Diponegoro ya. Kalau di IPB atau di UI kemungkinan besar akan beda, karena kalian akan ada OKK atau persetaraan akademik.
foto jadul, jaman semester awal sering ada survey rame2 ke tempat2 arsitektural

Hampir semua jurusan arsitek, pasti ada pelajaran yang membahas mengenai sketsa, entah apapun judul kuliahnya. Jadi persiapan yang paling utama dalam menghadapi awal perkuliahan adalah alat tempur untuk melakukan sketsa. Entah itu buku gambar, pensil, penghapus, penggaris dsb. Kenapa harus disiapin sekarang? kan bisa nanti-nanti. Sepengalaman saya, pada saat awal kuliah, kalian tidak hanya disibukkan oleh tugas dan perkuliahan, namun juga oleh "tugas" ospek dari senior kalian nanti. Entah ada jadwal ngumpul, persiapan acara untuk perform dsb. 

Ohya, kalau kalian ada tugas, sebaiknya jangan ditunda-tunda untuk diselesaikan, karena banyaknya kegiatan diluar kampus, terutama kewajiban dari senior untuk mengadakan acara dsb akan memakan waktu kalian. Jika kalian tidak pintar mengatur waktu, nanti tugas kalian hasilnya tidak akan maksimal, dan umumnya ini adalah salah satu penyebab jebloknya nilai IP di semester awal. Saya tidak menganjurkan kalian untuk tidak ikut acara kampus, melainkan untuk pintar membagi waktu.

acara-acara angkatan yang sering bermunculan di semester awal
Di semester awal juga kalian akan sering membuat maket atau miniatur bangunan baik berupa gubahan massa dari styrofoam, kardus dsb. Mungkin menyimpan lem, cutter dan lainnya bisa jadi spare yang bagus untuk dipakai kemudian hari. 

Jika kalian adalah warga pendatang dari luar kota, sebaiknya coba kenali lingkungan kampusmu. Agar nantinya tidak kesulitan dalam mencari hal-hal yang sewaktu waktu dibutuhkan, mengingat jadwal anak semester pertama biasanya padet tadi. Kurang lebih sih itu aja ya artikel ngga berbobot ini saya tulis wkwkw. Tapi kurang lebih gitu. Sukses kuliahnya!

You Might Also Like

0 comment