Servis Layar iPhone 5SE

14.37

Pernah mengalami masalah layar handphone rusak? salah satu kejadian ini baru saja dialami oleh orang terdekat. Kesalahan posisi handphone yang menyebabkannya jatuh hingga pecah nampaknya menjadi pembelajaran yang harus diresapi dan dijadikan preseden agar tidak terulang kembali. Pasalnya mengganti komponen layar iphone 5 SE tidaklah mudah. Rentang harga yang ditawarkan, isu bahwa 5SE berbeda dengan 5S serta jaminan akan kualitas produk. Di tulisan kali ini, saya akan mencoba menceritakan apa saja upaya yang telah kami lakukan dalam mencari servis untuk layar iphone 5SE.

Seperti yang kamu tahu, iphone 5SE merupakan seri iphone yang cukup baru bersamaan dengan peluncuran iphone 6S. Iphone 5SE digadang-gadang sebagai varian unik yang memiliki performa 6S namun dibalut ukuran iphone 5 yang dianggap masih banyak peminat akan ukurannya yang pas di genggaman tangan. Ketika mengetahui layar iphone 5SE ini retak, kami segera mencari tahu lokasi servis yang memungkinkan untuk didatangi. Kerusakan iphone 5SE ini hanya sebatas pada kaca yang retak, tidak sampai merusak LCD dan fungsi touchscreennya. Meski demikian, dari semua tempat yang kami datangi menyebutkan bahwa penggantian tetap harus menyeluruh sampai pada LCDnya.

ilustrasi layar pecah (google)
Toko servis yang kami datangi berdasarkan rekomendasi dari internet ada tiga toko. Satu toko adalah DrG*dget yang memiliki banyak cabang dan dua toko berada di mall Ambasador, yakni MacAr*na dan MacG*llery kalau tidak salah, keduanya bersebelahan. 

Ketika saya mencoba menghubungi DrG*dget, ia menyebutkan bahwa harga untuk perbaikan LCD iphone 5SE adalah 1,6jt (Mei 2017). Harga yang cukup mahal, namun ia menjamin adanya garansi hingga 60 hari. Sebuah poin plus yang kami pertimbangkan. Tidak langsung menerima, kami pun mencari toko lain yang menawarkan harga lebih miring.

Pada hari pertama kami ke mall Ambasador, MacAr*na tutup, maka kami hanya dapat mengunjungi MacG*llery. Tokonya kecil, memanjang kebelakang untuk tempat servisnya, sehingga pengunjung hanya dapat duduk di area tunggu dan tidak dapat melihat ponselnya di servis. Di tempat ini, harga untuk layar LCD iphone 5SE adalah 800k (Mei 2017). Pada saat ingin dipasang, ternyata ada cacat produk pada LCD sparepart tersebut, maka kami meng-cancel servis tersebut tanpa biaya charge.

Hari selanjutnya, kami mengunjungi mall Ambasador kembali untuk melihat MacAr*na. Di toko tersebut mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah melakukan servis untuk Iphone 5SE karena produk yang jarang. Sehingga perlu dilakukan inden dengan harga kisaran 1jt (mei 2017). Pihaknya juga berkata bahwa LCD milik iphone 5S dan iphone 5SE meskipun secara bentuk identik, namun memiliki komponen yang berbeda dan tidak dapat disamakan.

Setelah beberapa lama, kami pun mendapatkan lagi rekomendasi dua tempat, yakni iKed*i dan Clin*cGadget. Lokasi iKed*i yang berada di bogor cukup menyulitkan karena tempatnya yang tidak mudah dijangkau. Sehingga pilihan ada di Clin*cGadget yang berada di daerah Grogol. Lokasinya hanya berupa workshop rumahan. Harga yang ditawarkan untuk perbaikan LCD iphone 5SE adalah 1,1jt (mei 2017). Akhirnya kami melakukan servis ditempat itu. Garansi yang diberikan adalah garansi 1 minggu untuk percobaan. Overall kami puas dengan jasa yang diberikan. Bapak yang melakukan perbaikan juga ramah serta memberi kami beberapa tips jika ingin melakukan servis handphone, diantaranya yang paling penting adalah,

Jangan melakukan servis handphone di tempat yang merahasiakan proses perbaikannya. Kita nggak pernah tahu kalau cukup banyak oknum yang mengganti part-part diluar lingkup servis. Seharusnya pelanggan ditunjukkan dan diberi lihat prosesnya, apa yang diganti, apa yang dikerjakan. 

You Might Also Like

0 comment