Bedanya Netflix dan iflix

09.05

Di era digital seperti saat ini, dan internet yang semakin mudah dijangkau oleh berbagai kalangan di tanah air, kebutuhan akan hiburan di dunia maya semakin tinggi. Jika kita kembali pada beberapa tahun silam, dunia internet cukup banyak diramaikan dengan berbagai situs yang menyajikan film-film bajakan yang mudah untuk diakses oleh siapapun. Dengan semakin meningkatnya keamanan digital yang dilakukan oleh pemerintah, akses terhadap situs-situs tersebut kian berkurang. Hingga alternatif situs youtube semakin melonjak peminatnya. Lalu selain youtube, media apa lagi yang menarik untuk ditonton? nah ada dua media yang cukup terkenal, yaitu Netflix dan iflix. Seperti apa bedanya? yuk kita bahas bareng.

Sebagai media yang menyajikan berbagai konten film dan serial, nama netflix sudah tidak asing ditelinga bagi sebagian orang, terutama yang memahami betul media media internasional. Berbeda dengan iflix yang namanya baru terdengar tak lama ini. Meskipun kita tahu bahwa media tersebut tidak hanya dua itu saja, ada hooq, dan lainnya.


Sebagai gambaran dari Tech in Asia (artikel juni 2016), kurang lebih perbedaan yang jelas terpampang adalah seperti itu. Namun saya juga sempat mencoba untuk mengetahui lebih dalam perbedaan yang dimiliki oleh netflix dan iflix. Yang pertama akan saya jelaskan adalah iflix, karena saya menggunakannya lebih dulu.

iflix yang saya tahu bekerja sama dengan indosat, meskipun diwebnya tertera harus registrasi dan membayar, iflix memberi keleluasaan gratis selama 1 bulan. Meski demikian, hingga hari ini (lebih dari sebulan) bahkan berbulan-bulan saya masih bisa mengaksesnya. Di iflix, tidak begitu banyak film-film amerika yang baru bermunculan. Dominasi yang terlihat adalah pada film indonesia serta drama-drama korea. Meski demikian juga banyak serial tv amerika. 





Di Netflix, yang membuat ribet adalah jika ingin mendaftar, kita diharuskan memasukkan identitas lengkap dengan kartu debit maupun kartu kredit untuk mencoba 1 bulan gratis yang nantinya sebelum berakhir masa gratis, kita harus mendeaktifkan membership kita. Kelebihan netflix adalah banyaknya film-film amerika yang ada disini. Menurut saya lebih lengkap dari iflix. Namun disini hanya sedikit serial korea. 

Jadi kalau kamu lebih berminat untuk nonton serial korea, iflix jauh lebih lengkap koleksinya. Jika kalian mencari serial tv amerika, netflix lebih lengkap, namuuun, seasonnya telat 1 season. Jadi kalau bajakannya sudah season 3, di netflix baru sampai season 2. Secara harga, netflix lebih mahal dari iflix, sebanding sih dengan film-film box office koleksinya yang banyak. Kalo iflix sepertinya lebih menyasar pasar indonesia.

Jadi pilih yang mana ya? hehe

You Might Also Like

0 comment