Ultimate Guide CFD Jakarta dari Luar Kota

19.07

Hahaha asli ini topik receh banget. Gapapa lah ya, nambahin artikel. Lagian juga bisa jadi pengingat dimasa ini, caranya buat ikutan CFD Jakarta dari luar kota. Ohya, artikel ini ditujukkan buat temen-temen yang berdomisili di Bekasi, Bogor, Depok atau dimana aja deh yaa. Tapi mungkin sebagai contoh adalah kota bekasi, tempat saya tinggal hehe. Yuk langsung aja deh dibahas.


Car Free Day Jakarta, diadakan setiap hari minggu pagi sampai jam 11. Itu pun kalau ngga ada acara khusus oleh pemerintah setempat. Jadi kadang bisa ada, kadang bisa ditiadakan. Tapi kalau ditiadakan, umumnya akan diberitahukan melalui media sosial pemkot (cari sendiri ya). Nah gimana dong buat kita-kita yang dari luar jakarta? kan perjalanan kesana aja jauh, padahal CFDnya cuma ada pagi hari.

Saya pribadi menyarankan kalian untuk menggunakan transportasi KRL. Karena cepat, nyaman, dan juga mudah. Untuk ikutan CFD, saya berangkat dari rumah jam 5 pagi, dan tiba di stasiun Bekasi sekitar 05.15 - 05.20 WIB. Saya menggunakan transportasi Motor. Jika kalian menggunakan mobil, saya sarankan memarkirkan kendaraan di stasiun Kranji. Biaya parkir motor di stasiun bekasi adalah Rp.6000. Jangan lupa siapkan kartu flazz atau e-money, biar kalian nggak perlu mengantri. Lama perjalanan biasanya sekitar 30 menit untuk mencapai Stasiun Sudirman. Dengan biaya KRL sekitar Rp.4000.

Kenapa stasiun Sudirman? karena itu adalah stasiun terdekat yang langsung bersentuhan dengan area CFD. Turun dari stasiun Sudirman, kalian sudah bisa melihat para pejalan kaki, pawai, pesepeda dan masyarakat lainnya. Ohya, saat CFD, lintasan Busway aktif beroperasi, sehingga ada baiknya kalian berhati-hati saat melewati lintasan busway.

Lalu rutenya kemana? Saya menyarankan ambil rute ke arah kiri stasiun Sudirman, yakni menuju Senayan. Tenang, kalian nggak sendiri, hampir semua orang mengambil jalur ini. Ikut saja sama rombongan orang-orang yang jogging melewati Semanggi, hingga bundaran Senayan. Tak terasa nanti kalian sudah sampai diujung dan memutar arah.

Setelah sampai di bundaran senayan, kalian dapat memutar arah menuju Mall FX. Pagi-pagi ke Mall? Lebih tepatnya ke depan Mall. Disana ada bazaar yang diadakan setiap hari minggu pagi. Tak hanya itu, komunitas sepeda dan lainnya pun kerap berkumpul disini. Berbagi macam makanan disediakan disana untuk menunjang kebutuhan sarapan para penggiat olahraga pagi. Saya cenderung membeli sosis bakar Rp.15.000 dan es jeruk Rp.10.000 disini. Setelah makan dan beristirahat sekitar 15 menit, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju bundaran HI.

Perjalanan menuju bundaran HI akan terasa lebih berat ketimbang perjalanan menuju Senayan. Karena hari akan semakin siang, maka baiknya kalian memang tidak berlama-lama. Ketika sudah melewati jembatan sudirman, kerumunan orang pun akan terlihat memadati jalan menuju Bundaran HI. Biasanya di depan halte Busway akan banyak komunitas pecinta lingkungan maupun komunitas skateboard.


Di Bundaran HI sendiri sejujurnya tidak begitu banyak hal yang menarik selain berfoto di area kolam. Disini  juga sering ada orang-orang yang menggunakan kostum hantu, pocong, hingga robot gundam. Tak perlu berlama-lama, kalian bisa melanjutkan perjalanan hingga ke Sarinah. Bisa dibilang di area ini adalah pojoknya CFD. Jika kalian mau lurus ke monas bisa saja. Namun menurut saya disini adalah checkpoint sebelum kembali ke stasiun Sudirman. Kalian bisa sarapan dengan 'proper' di sarinah. Cukup dengan breakfast wrap dan milo (sekitar Rp.25.000) sudah bisa mengembalikan energimu.

Akhirnya kita bisa berjalan lagi menuju stasiun sudirman melewati bundaran HI. Jika waktunya pas, biasanya jam-jam ini mulai mepet dengan waktu CFD yang akan segera berakhir. Kereta kembali ke menuju manggarai biasanya ramai. Namun nanti ketika sudah transit dan berganti kereta ke Bekasi, umumnya agak sepi karena masih pagi. Disana kalian bisa duduk dan tidur sampai ke Bekasi dengan biaya hanya Rp.4000.

Maka bisa disimpulkan pengeluaran kalian untuk ikut CFD Jakarta adalah;
Parkir Rp.6000
KRL Rp.4000
Makan di FX (opsional) Rp.25.000
Makan di Sarinah (opsional) Rp.25.000
Pulang Rp.4000
Total (Hemat) Rp.14.000
Total (+Opsional) Rp.64.000

Gimana? Buat orang yang makannya banyak kayak saya tapi suka jalan-jalan sih, CFD Jakarta ini sudah cukup worth it kok. Jadi sisa harinya bisa dipakai untuk istirahat sebelum bekerja di hari seninnya hehe. Semoga artikel ini membantu temen-temen yang berencana untuk pergi CFD Jakarta yaa.

You Might Also Like

0 comment