Matkul Semester 3 Manajemen Proyek

13.38

Sori telat banget baru nulis ini. Biasanya di awal semester, saya suka nulisin mata kuliah yang saya ambil nih saat mengikuti program magister di UI. Nah pada semester tiga kali ini, sebenernya ngga banyak sih mata kuliah yang diambil. Apa aja mata kuliahnya? Dan seperti apa mata kuliah tersebut? nah disini akan coba saya terangkan ya biar kamu terang benderang hehe.


Jadi strategi di semester ini adalah untuk menyelesaikan mata kuliah seminar dan tesis. Jadi memang dari akhir semester dua lalu, ada mata kuliah metodologi penelitian. Nah di mata kuliah tersebut, dosen pembimbing udah ngasih arahan, biar nanti pas liburan, kita-kita tetep asistensi dan berprogres untuk ngerjain seminar. Rencananya biar ujian seminar bisa dilakukan di awal semester. Nah dengan seminar yang telah di selesaikan di awal semester, kita bisa fokus untuk tesis di akhir semester tiga ini.

Sisanya, saya punya jatah sekitar tiga mata kuliah lain. Beberapa temen ada yang mengambil tiga sekaligus, beberapa juga hanya mengambil dua mata kuliah. Di penjurusan manajemen proyek sendiri, saya hanya memiliki satu mata kuliah wajib tersisa, yakni Manajemen Sumber Daya Manusia. Sisanya adalah mata kuliah pilihan. Nah, mata kuliah yang saya pilih adalah Manajemen K3L. 

Seminar
Mata kuliah ini bisa dibilang lanjutan dari Metodologi Penelitian di semester sebelumnya. Meskipun kamu juga bisa mengambil judul yang berbeda dari sebelumnya. Pada mata kuliah ini, ngga diadakan kelas tatap muka. Melainkan hanya persyaratan berupa 8x asistensi dengan dosen pembimbing. Pada hasil akhir, mahasiswa diminta membawa 4 rangkap laporan proposal tesis saat sidang. Setelah melakukan sidang dengan menggunakan baju hitam putih, maka langkah selanjutnya adalah proses revisi dan mengumpulkan tanda tangan dosen terkait.

Pada proses ini, saya sendiri sudah melakukan asistensi sejak libur semester 2. Jadi pas lagi liburan, kerjaannya bolak balik kampus buat asistensi dan menyiapkan berkas seminar. Nah pas masuk kuliah, sekitar 1-2 minggu awal, kita sudah bisa langsung ikut sidang seminar. Tapi balik lagi, itu tergantung dosen pembimbing maunya gimana.


Manajemen K3L
Jika kamu orang proyek, tentu ngga asing dengan istilah K3L. Nah di mata kuliah ini, berdasarkan penjelasan tatap muka pertama, materi yang diajarkan berkisar mengenai penerapan K3L di proyek sesuai dengan pelatihan yang umumnya diadakan untuk mendapatkan sertifikat K3L. Jadi bisa dibilang ini adalah kuliah pelatihan, bedanya ngga ada sertifikatnya aja. Dan di mata kuliah ini, mahasiswa mendapat tugas untuk mereview sistem K3L yang ada di proyek sungguhan, serta membuat laporan kajian mengenai K3L.

Nah sepanjang perkuliahan memang materi yang disampaikan adalah kasus-kasus dan cara penerapan K3 dan Lingkungannya di proyek. Pada akhir perkuliahan, kami melakukan presentasi tugas proyek dari mulai rencana K3 hingga pelaksanaan maupun improvement yang dapat dilakukan pada proyek tersebut.



Manajemen Sumber Daya Manusia & Komunikasi
Nah pada mata kuliah ini, kami diajarkan untuk mengelola sumber daya manusia. Kurang lebih sama sih, intinya mencari data soal proyek dengan pengelolaan SDM dan melakukan review terkait dengan standar yang biasanya ada di PMBOK. Kan di proyek suka banyak tuh pekerjanya, baik dari eksekutifnya hingga pelaksana paling bawah, nah bagaimana sih sistem mengelolanya agar bisa beriringan dengan baik.

Jadi dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga kontrol dan evaluasi secara teoritis diajarkan disini. Dari mulai merencanakan tugas dan tanggung jawab, hingga menganalisa job value dari masing-masing fungsi agar bisa dilakukan proses recruitment. Kemudian dilanjutkan dengan penilaian kinerja dari masing-masing fungsi yang ditinjau.


Tesis
Kalau ini saya belum tau ya haha. Soalnya belum selesai. Rencananya, akhir semester atau sekitar november-desember, saya sudah harus sidang. Tahapan yang harus dilakukan setelah seminar kemarin adalah mengumpulkan data berupa kuisioner, wawancara hingga studi kasus untuk menyusun bab 4 dan bab 5. Semoga lancar!
Update:
Setelah berhasil melaksanakan proses sidang tesis di bulan desember, kurang lebih prosesnya seperti seminar, namun lengkap hingga bab akhir. Setelah lengkap, tesis dijilid dan diserahkan untuk dapat diproses pada pengajuan sidang. Berbagai masukkan terkait revisi pun didapatkan saat sidang. Proses yang tidak kalah pentingnya adalah revisi tesis yang harus dilakukan segera. Konon menurut informasi hanya dapat dilakukan 1 minggu maksimum setelah sidang, atau kita harus sidang ulang!!



Semester lain:
semester 1
semester 2
semester 3

You Might Also Like

0 comment