5 Tempat yang PASTI ADA di Drama Korea

21.59

Jika kamu suka menonton drama korea, atau pernah menonton beberapa drama korea pas jaman kamu masih 'muda', beberapa tempat ini hampir bisa dibilang pasti selalu ada di semua serial drama korea yang kamu tonton. SELALU!! Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan, sepertinya memang menjadi ciri khas yang selalu ada bahwa untuk meningkatkan dramatisasi sebuah drama, tempat-tempat ini biasanya dijadikan latar untuk pengambilan shoot. Atau mungkin sinetron indonesia juga begitu? Yuk coba disimak!


Rumah
Yap! Biasanya dalam sebuah drama korea, pasti banyak banget adegan yang dishoot di dalam rumah.  Pernah liat drama yang ngga ngeshoot rumah? hmmm DOTS ada scene rumah ngga sih? sepertinya pengecualian ya buat yang itu. Nah kalau sudah ada scene rumah, biasanya yang akan dishoot adalah kamar. Dan ngga hanya itu, rumah pun umumnya terbagi atas dua tipe, yakni rumah si kaya dan rumah si miskin. Yang paling sering dan mencolok itu kalau rumah si miskin, biasanya disetting dengan interior tempat makan yang lesehan gitu. Terus punya teras luar yang bisa mabuk-mabukan minum soju di atap. Nah kalau rumah si kaya, biasanya digambarkan rumahnya besar banget, mewah, megah. Ada juga yang digambarkan rumahnya super minimalis kekinian, simpel tapi kelihatan mahal. Biasanya rumah si kaya seringnya digambarkan untuk pemeran cowok. Apa ya contohnya? coba kamu sebutkan sendiri hehe.


Restoran atau Cafe
Tempat macam ini SELALU ada!! Pasti ada aja scene dimana pemerannya mabuk-mabukan di restoran sambil makan daging yang dibakar. Atau ngopi-ngopi santai di sebuah cafe sambil ketemuan sama seseorang, atau bahkan pakai adegan ngga sengaja ketemu di cafe. Klise. Tapi memang scene makan di drama korea bisa dibilang selalu ada dan cukup menggugah selera makan penontonnya. Saya pribadi paling suka kalau ada scene makan-makan daging yang dipanggang dengan latar warung tenda ala korea. Uuuh daging. Contoh paling gampangnya mungkin di serial Goblin, dimana adiknya goblin kerja di restoran ayam goreng. Atau scene saat goblin dan pasangannya bertemu di kedai kopi. Gampang banget ya ketebak hehe. 


Kantor/ Tempat Kerja
Bukan cuma beberapa sih, bisa dibilang cukup banyak serial drama korea yang menggunakan tema pekerjaan sebagai alur cerita utama dari drama tersebut. Seperti cerita soal Jaksa, atau cerita soal dokter, pengacara, arsitek, apalagi? Oleh karenanya sering banget lokasi tempat kerja dari mulai cuma shoot scene di depan gedung, lobby, hingga area kerja akan banyak muncul di drama. Belum lagi ada adegan kaget ketemu lawan main di lobby atau ketemu presedir. Ah klise. Kalau dramanya licik-licikan, biasanya nanti ada saja adegan dimana ada sabotase terhadap pekerjaan yang dilakukan pemeran baik. Kalau ngga, biasanya ada scene dimana terdapat pembicaraan serius dikantor atasan atau presedir. fufu.


Rumah Sakit
Seperti drama-drama klise pada umumnya, kejadian berupa kecelakaan, atau sakit akibat penyakit kronis yang lama terpendam dan baru diketahui bisa jadi cara untuk meningkatkan ketegangan penonton. Itu sebabnya, sering banget scene Rumah sakit menjadi salah satu area tempat pengambilan gambar. Kalau ngga gara-gara kecelakaan, paling karena sakit, entah mau dibunuh, atau memang penyakit yang lama telah disembunyikan. Fuuh, klise. Belum lagi kalau genre dramanya agak jahat-jahat gimana gitu, ada saja momen dimana pasien akan mengalami percobaan pembunuhan oleh pemeran antagonis.


Kantor Polisi
Kalau yang terakhir ini biasanya ada, tapi juga bisa engga. Mungkin 70% dari drama korea, ada saja pengambilan gambar di kantor polisi. Entah ada adegan pemeran yang mencari-cari teman/kekasihnya yang hilang, atau ada adegan perkelahian yang tau-tau nanti mereka muncul di depan polisi sambil duduk di depan komputer dan diinterogasi. Terus muncul temannya yang akan menebus mereka keluar dari kantor polisi. Uuh, klise. Apalagi? Atau mungkin ada momen dimana ada pemeran jahat yang mencoba mencuri barang bukti di kantor polisi? hmmm

Gimana analisa saya? bener ngga? kalau mau dicoba, kalian bisa putar salah satu serial korea, dan bandingkan dengan analisa saya, checklist kira-kira bener ngga sih 5 tempat ini ada semua di drama tersebut? Komen yaa dibawah!

You Might Also Like

0 comment