Review Justice League [Spoiler Alert!]

22.27

Sejujurnya saya bingung mesti mulai darimana untuk mereview film Justice League yang baru saja tayang hari ini 15 November 2017. Jadi pada saat tahu bahwa filmnya sudah akan tayang hari ini, saya langsung beli tiketnya sehari sebelumnya. Lagi-lagi karena yang IMAX hanya tersedia untuk theater 3D, maka saya hanya membeli tiket biasa di Teater paling besar di Bekasi. Ok deh, langsung aja ya kita bahas film ini.


Saya suka sekali film Batman, Wonderwoman, Superman, kecuali Suicide Squad. Menurut saya film-film milik DC tersebut bagus-bagus. Sama dengan ekspektasi saya untuk film Justice League ini. Jika disandingkan dengan film milik Marvel, Justice League seharusnya setara dengan film sekelas Avengers. Nah apakah benar setara? belum lagi Thor Ragnarok sampai hari ini masih tayang di bioksop. Sehingga film itu bisa menjadi perbandingan paling dekat antar film superhero.

-- Mulai Dari Sini Akan Spoiler --

Jadi di awal ceritanya akan dibuka oleh Superman. HIDUP LAGI? Ets belom. Jadi ceritanya lagi flashback dengan seorang anak kecil sedang instastory atau snapgram mewawancarai superman kala itu. Anak tersebut bertanya tentang apa yang disukai superman di bumi dan hal-hal sederhana lainnya. Suasana berubah mendadak dengan transisi pemakaman Superman seperti pada film sebelumnya BvS (Batman v Superman). Terlihat aura gelap atau suram pada scene kematian superman ini. 

Kemudian dilanjutkan dengan adegan pencurian di atap bangunan yang saling berdekatan khas pemukiman Gotham. Seketika itu pula muncul Batman dengan tampilan yang sangat dark disudut untuk menumpas kejahatan tersebut. Batflack (Batman Affleck) nampak sebagai batman yang sedikit gemuk dan berat hehe, dibanding dengan Batman sebelumnya. Namun adegan penangkapan penjahat ini ternyata hanya gimmick untuk menangkap penjahat sebenarnya, yakni Parademon. Jika kalian nonton BvS, Batman sempat memimpikan adanya serangan oleh Manusia Serangga yang bisa terbang, nah inilah Parademon. Bisa dibilang, Parademon adalah Creep atau anak buah dari musuh utama yang jumlahnya sangat banyak, dan mereka sangat haus akan 'ketakutan'. Sehingga bila mereka mendeteksi ketakutan, maka mereka akan datang.


Kemudian scene pun berlanjut pada sebuah scene perampokan atau scene teror di sebuah gedung. Para penjahat menyandera anak-anak sekolah didalam bangunan tersebut, dan berencana untuk meledakkan 4 blok bangunan dengan sebuah bom. Beruntungnya, disana sudah ada Wonderwoman yang tengah membantu. Dan yap, scene pertarungan Wonderwoman pun membuat kita tercengang. Terbebas dari semua masalah itu, tiba-tiba kita akan dibawa menuju Amazon, tempat asal Wonderwoman. Terlihat disana Steppenwolf (Musuh utama) muncul dan membantai penduduk amazon untuk mengambil kotak kekuatan.

Setelah itu, pasukan amazon memberi sinyal dengan menyalakan api di kuil athena yang didefinisikan oleh Wonderwoman sebagai simbol terjadi penyerangan. Dari sanalah Wonderwoman mendapat info bahwa terjadi penyerangan di desanya. Maka ia dan Batman bekerja sama untuk mencari bantuan dengan mengumpulkan personil lainnya. Batman menjumpai Aquaman dan Flash. Sedangkan Wonderwoman menjumpai Cyborg. Sehingga bisa dikatakan bahwa setengah awal film adalah untuk mengenalkan karakter-karakter dan hubungannya dalam Justice League.

Scene saat pertarungan dengan Steppenwolf
Nah, karena batman menyadari bahwa mereka ngga cukup kuat untuk melawan Steppenwolf, maka dia minta sama yang lain untuk coba menghidupkan kembali Superman dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh Musuh di film Batman v Superman. Setelah masuk ke dalam pesawat Krypton yang dulu terdampar, akhirnya mereka meletakkan tubuh superman di kolam berwarna keruh. Dengan bantuan Kotak Kekuatan dan sengatan listrik flash, maka superman pun hidup kembali dan melesat keluar dari pesawat tanpa baju atasan.

Superman yang berdiri di depan tugu memorial kematian dirinya nampak bingung dan belum sepenuhnya ingat dengan apa yang terjadi. Alih-alih ingin membantu mengingatkan masa lalunya, Superman malah bertarung dengan tim Justice League di tengah kota. Sangat IMBA! Sangat Kuat! Personil yang lain benar-benar dibuat tak berdaya. Bahkan yang membuat saya tercengang, adalah ketika Superman mampu melihat kecepatan flash dan menandinginya untuk duel 1 lawan 1. Gile.

Scene saat tim Justice League melawan Superman
Endingnya, Superman pun mencekik Batman. Ia ingat, Batman adalah penyebab kematiannya. Namun bukan Batman namanya jika tanpa strategi. Ia pun membawa Louis Lane yang mampu menyadarkan superman kembali kepada keadaan normal. Sehingga cerita beralih ke Superman-Louise Lane- Martha (ibunya) untuk sementara.

Lalu baru deh ketika tim Justice League ini berkumpul semua di kediaman Batman (tanpa superman), mereka berangkat menuju Rusia, tempat Steppenwolf melancarkan aksinya disana. Tempat yang sepi namun masih ada beberapa penduduk yang juga harus diselamatkan. Disanalah mereka semua bertarung. Sayangnya pertarungan ini berlangsung kurang greget. Hingga akhirnya Superman datang membantu dan keadaan menjadi unggul telak. Superman sangat mengubah keadaan. Kehadirannya digambarkan sangat kuat, lebih kuat dari musuh utama. Jadi apa ya istilahnya 'ga seru' terlalu imba.

Scene saat Kotak Kekuatan hendak diambil dari Amazon
Dan yang terakhir, Justice League menurut saya sudah berada pada arah yang tepat. Sayangnya ia belum dapat menyaingi kesuksesan dari WonderWoman, namun juga tidak lebih buruk dari Batman v Superman. Dengan cerita dan karakter yang dibangun, pastinya DC akan bisa membangun film yang lebih baik lagi. Dari segi cerita, film ini menurut saya terlalu lurus. Tidak bikin kaget atau ada plot twist yang tak terduga. Dari segi action, film ini kurang greget bertarungnya. Jika disandingkan dengan film superhero sejenis, masih jauh lebih bagus Civil War. Dari segi grafis, CGI yang ditawarkan cukup banyak. Sayangnya CGI untuk Cyborg kurang bagus, dan efek untuk flash terlalu lambat sehingga membuat bosan. Dari segi detail, menurut saya banyak yang aneh. Seperti saat bertarung, hingga selesai bertarung, muka atau tampilan superheronya 'bersih' bener. Minimal berdarah kek, atau kotor kek.

Jadi apakah harus nonton film ini? untuk pecinta film superhero, tentu dong. Untuk yang ngga demen-demen amat? yaa bebas. Tapi tentunya akan ada film untuk masing-masing superhero, dan saya yakin akan sedikit nyambung dengan film ini. Untuk skor, saya kasih 8.25/10. 




You Might Also Like

1 comment

  1. United Check Cashing and landed as a check casher industry in USA. We are covering most of the cities and still giving you the best services within very short period with top notch http://www.unitedcheckcashing.com satisfaction. We can trace us 24/7 and you are always welcome.check cashing Philadelphia

    BalasHapus