Yerusalem jadi Ibukota Israel?

18.19

Breaking news!! baru aja saya sampai dirumah tanggal 7 desember 2017 ini, setelah seharian waktu dihabiskan untuk kuliah. Ketika membuka youtube, langsung ada dua berita yang menarik perhatian saya. Yang pertama adalah soal kebakaran hebat di Los Angeles. Mungkin temen-temen udah sempet liat videonya di Instagram. Bener-bener mengerikan. Nanti mungkin akan saya bahas lebih lanjut. Nah yang kedua adalah soal pidato Donald Trump yang mengklaim bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel yang mana sebelumnya adalah Tel Aviv. 


Singkat cerita, Donald Trump berencana memindahkan US Embassy di Israel yang tadinya di Tel Aviv jadi ke Yerusalem. Yang mana Yerusalem sendiri adalah milik Palestina. Dengan keputusan yang ia buat itu, membuat gempar negara-negara yang selama ini memperjuangkan keberadaan Palestina, khususnya negara-negara Islam, termasuk PBB itu sendiri.

Presiden Jokowi juga sudah melakukan konferensi pers terkait hal ini. Beliau dengan tegas mengecam keputusan yang dibuat oleh Donald Trump. Sehingga pihaknya dengan kementrian luar negeri sudah berkomunikasi dengan negara-negara islam dan liga arab untuk melakukan konferensi darurat terkait hal ini.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah Trump akan menarik kembali keputusannya meski ditentang oleh PBB dan Negara-negara islam? Sedangkan kita tahu bahwa Amerika Serikat merupakan negara adidaya yang memiliki superpower serta merupakan anggota keamanan PBB. Rasanya mengerikan jika membayangkan akan terjadi perang. 

Namun nampaknya yang paling bisa diprediksi dalam melawan keputusan Trump adalah dengan adanya isolasi dan embargo perdagangan. Akankah polemik ini bisa berjalan tanpa masalah tambahan? Apakah kita akan mengakhiri tahun 2017 dengan hal yang mengerikan seperti ini? entahlah

You Might Also Like

0 comment