Ganti Ban di Planet Ban

16.30

Halo! Kali ini mau sedikit cerita soal pengalaman hari ini tentang mengganti Ban motor di Planet Ban. Mungkin beberapa diantara temen-temen udah tau ya Planet Ban, entah pernah ganti disana atau hanya sekedar lewat. Post ini engga berbayar kok, murni pengen cerita aja. Planet Ban memang cabangnya ada banyak ya, dan kali ini saya pertama kalinya mencoba ganti ban motor saya di cabang daerah rumah saya di bekasi.

"Kenapa saya mau mengganti ban saya?" 

Jadi kalau dilihat-lihat, ban belakang saya ternyata sudah sangat gundul. Jika menelisik kembali, sayang saya tidak ada fotonya, dibandingkan dengan yang depan, ternyata ban depan saya masih bagus. Perbedaannya sangat signifikan antara ban depan dan belakang. Keduanya merupakan ban asli bawaan honda. Merek Federal kalau ngga salah, dan sudah tubeless. Dulu jaman puasa tahun 2016, saya pernah jatuh dari motor dan menyebabkan lutut saya cedera hingga sulit duduk. Penyebabnya karena grip ban yang tidak mantap disaat hujan.

Akhirnya hari ini saya memutuskan untuk mengganti ban belakang saya. Ketika sampai di toko Planet Ban, berjejer motor yang sedang dikerjakan tampak dari luar. Ketika masuk pun, sudah ada beraneka ragam ban yang dipajang. Pada baris depan, terdapat ban diameter 14 yang dipajang, sedangkan dibagian belakangnya terdapat ban berdiameter 17 untuk motor yang lebih besar. Karena motor saya matic, maka saya mencari ban yang berdiameter 14.



"Tapi engga ngerti mana ban yang bagus dan cocok"

Tidak perlu bingung, karena nanti petugasnya akan mengarahkan kita, ban mana saja yang bisa digunakan untuk motor kita. Untuk ban belakang vario, saya diarahkan untuk mengambil ban berukuran 90/90-14. Setelah melihat beberapa merek yang ditawarkan, seperti corsa, fdr, michellin, apa lagi ya? lupa hehe, akhirnya saya memutuskan untuk membeli michellin. Harganya memang bervariasi, dari mulai 130rb hingga 300rb. Untuk michellin yang saya ambil, harganya 304rb. Yap, yang paling mahal. It's okay. Soalnya motor ini adalah transportasi utama saya, jadi kenyamanan dan keselamatan nomor 1 buat saya. 

Kalau membandingkan harganya dengan harga pasar, harga di planet ban ini terpaut sekitar 20rb lebih mahal. Setidaknya itu yang saya lihat di internet. Ketika harga di toko Planet Ban untuk Michellin Pilot Street 90/90-14 seharga 304rb, di internet kita bisa mendapatkan ban yang sama dengan harga 280rb, bahkan 250rb. 





"Apakah ada biaya tambahan?"

Untuk pemasangan tidak ada biaya tambahan. Namun jika ban lama kamu bukan tubeless, maka kamu perlu membeli pentil khusus tubeless. Biaya lainnya adalah cairan anti bocor seharga 41rb. Mahal yah, entah cairan apa itu. Pokoknya total saya kena 345rb untuk ban belakang. Setelah selesai, saya mendapatkan sebuah kartu member secara gratis. Katanya bisa dipakai untuk mengisi angin dengan nitrogen disetiap gerai Planet Ban. Uwow. 


"Berapa lama pemasangannya?"

Cukup sebentar, saat saya datang itu sekitar jam 2, dan selesai jam 3. Itupun karena dikerjakan bareng dengan 3 motor lainnya. Kalau sedang ramai mungkin bisa lebih lama, tergantung kondisi ya nampaknya.



"Apakah saya puas?"

Karena baru hari ini pasangnya sih masih puas, karena cepat. Namun belum tau after usenya seperti apa. Karena dulu pernah beli paket ban depan belakang tubeless di Semarang (bukan planet Ban), terus setelah beberapa hari, tau-tau bannya lepas dari velg saat parkir. Aneh. Tapi bisa dibenerin saat ke bengkel.

You Might Also Like

0 comment