Mengenal Ustad Abdul Somad

1/02/2018 11:53:00 PM

Mungkin beberapa diantara kita sudah ada yang mengenal ustad Abdul Somad. Namun ada juga yang baru mendengar namanya setelah ada berita viral mengenai dirinya dan artis wanita yang baru-baru ini melepas jilbabnya. Saya pun termasuk yang baru mengenalnya beberapa bulan terakhir. Awalnya saya penasaran, "siapa nih kok rame banget?" terus saya coba cari di youtube, dan ternyata viral banget video-video ceramahnya. Rata-rata viewnya banyak 500rb-jutaan kali ditonton. Akhirnya hingga hari ini, saya adalah salah satu penonton setia dari ceramah-ceramah terbaru beliau.

Menurut Wikipedia, Ustadz Abdul Somad, Lc., MA, merupakan pendakwah yang lahir di Pekanbaru, Riau, 18 Mei 1977. Beliau dalam dakwahnya banyak membahas kajian ilmu terkait hadits dan ilmu fikih. Nama beliau kini sedang naik daun, karena pembawaannya yang sangat menarik dan lugas dalam menyampaikan dakwah. Banyak pula video ceramah Ustadz Abdul Somad yang beredar di Youtube. Beliau merupakan lulusan Universitas Al-Azhar Kairo pada pendidikan Sarjana dan Institut Dar Al-Hadits Al Hassania Maroko pada pendidikan Masternya. Saat ini Ustadz Abdul Somad bekerja sebagai dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau.


Belum lama ini, sang Ustad memang semakin naik namanya dengan gaya ceramahnya yang unik dan lucu. Bukan melucu dengan cara ngondek atau menghina, tapi dengan guyonan-guyonan natural ala candaan sehari-hari. Nama Ustad Somad pun kian menanjak kala waktu itu ia mendapat persekusi di Bali atas kedatangannya untuk menyampaikan ceramah. Setelah itu ada lagi penolakan dirinya saat mau ke Hongkong oleh otoritas setempat. Tentu masyarakat yang mendengarkan ustad Somad pun geram dan semakin viral.

Menurut pendapat saya, buat temen-temen yang belum tahu, atau merasa bahwa ceramah-ceramah agama tidak menarik, coba deh nonton video lucu ceramahnya ustad Somad. Saya yang awalnya skeptis, langsung tertarik untuk terus menonton dan istiqomah mendengarkan. Hal itu pun merembet pada ustad-ustad lain seperti Hannan Attaki maupun Ustad Adi Hidayat yang tak kalah menarik. Tentu pelan-pelan hal ini mampu memberi kita ilmu yang bermanfaat ketimbang menonton video-video tak jelas di youtube. Sekian!



You Might Also Like

0 comment