Pengalaman Tes di PT.PP

19.53

Halo! Ceritanya kali ini saya mau bercerita soal rekrutmen Management Trainee di salah satu perusahaan kontraktor BUMN terkemuka di Indonesia, PT. PP. Awalnya saya heran dan tidak menyangka,

"perasaan kemarin daftarnya di PP-Properti, kenapa yang bales PT.PP ?"

Ternyata saya lupa kalau saya sudah mendaftar di PT.PP dan juga PP-Properti. Kebetulan memang ada dua lowongan yang dibuka kala itu. Di PP sendiri, lowongan yang dibuka adalah Management Trainee untuk teknik Sipil. Sedangkan di PP-Properti, lowongan yang dibuka adalah untuk architect engineer.

"lho kamu arsitek kok daftar MT untuk sipil?"
"iya hehe"

Usut punya usut, saya melihat job responsibilities pada lowongan tersebut tidak menekankan pada teknik sipil struktur, melainkan hanya tanggung jawab umum terkait manajemen keproyekan untuk mencapai kinerja. Setidaknya itu yang saya tangkap. Sehingga pengetahuan saya dibidang manajemen proyek pada S2 ini tentu memiliki kelebihan tersendiri.

Saya mendaftar di Batch 1 pada tanggal 28 Januari 2018. Dan menerima email yang menyatakan saya harus hadir untuk melakukan tes teknikal dan bahasa inggris pada tanggal 9 Februari 2018. Dari email yang saya terima, saya dapat melihat list nama email peserta lain yang juga diundang untuk mengikuti tes di kantor PP TB. Simatupang. Ada 15 orang yang diundang dalam email tersebut. Saya pribadi tidak tahu apakah pada Batch 1 ini yang lolos administrasi hanya 15 orang, atau terdapat kloter lain yang diundang pada hari berbeda? entah.

WOW Berkasku LOLOS??
Dalam email tersebut intinya berbunyi;
"Dear Selected Candidates,

We would like to thank you for your application to Our Company PT PP (persero) Tbk. Herewith we want to invite you for English and Technical Test on ..... datang jam 8, tidak boleh telat, membawa kartu identitas, laptop, modem/HP, dan kalkulator"

Tidak dijelaskan baju apa yang harus dipakai, entah hitam putih atau bebas namun sopan. Hingga akhirnya saya menanyakan perihal pakaian. Belum dijawab. Sembari menunggu info, saya pun browsing mencari-cari informasi mengenai tes tersebut, ternyata banyak juga web atau blog yang menceritakan pengalaman yang sama. Diantaranya sebagai berikut;




Dari informasi yang saya dapatkan tersebut, menurut leomaghs tes teknikal akan banyak membahas mengenai perhitungan struktur sipil. Duh! Kalau tes bahasa inggris nampaknya tidak akan terlalu sulit mengingat bukan hal yang baru. Seperti apa ya aslinya, nanti akan saya tulis lagi kelanjutannya setelah melaksanakan tes tersebut di hari minggu 11 februari 2018.

----

Oke jadi ceritanya hari ini saya akan tes di gedung Subiyanto daerah TB Simatupang. Jika kalian naik gojek, cukup 9ribu dari stasiun kalibata. Dari stasiun Pasar minggu akan lebih dekat, tapi saya naroh motor di kalibata. Ketika sampai dilokasi, ternyata banyak banget yang ikutan tes juga. Tidak seperti di emailnya yang hanya menulis 15 orang, di aula besar tersebut ternyata dihadiri sekitar 200 peserta calon tes MT.

Suasana dalam aula, terdapat 2 row utama terdiri dari 10x10 kursi. Dempet-dempet euy
Jam 8 kurang 3 menit, beberapa panitia sudah mulai masuk kedalam ruangan menyiapkan beberapa hal. Namun belum ada instruksi hingga jam 8.30 WIB. Sambil membagikan kotak snack ke tiap peserta, akhirnya acara pun dimulai. Seorang lelaki berumuran 30 tahun dengan kepala agak botak membuka acara, formal tapi tetap santai dengan rompi yang ia kenakan. Ohya kubelum cerita, peserta disini umumnya memakai baju sopan, kemeja. Beberapa nampak mengenakan atasan hitam putih, ada juga yang sekedar kemeja. Jeans pun beberapa orang saya lihat nampak mengenakannya.

Pria tersebut menjelaskan bahwa pada sesi di Jakarta kali ini akan sedikit berbeda dibanding 6 kota sebelumnya. Tesnya terdapat 3 sesi pada hari tersebut. Yakni tes Technical Essay, Technical Test Online dan English Test Online. Pada test essay, peserta akan diberikan lembar soal dan menjawabnya langsung dikertas tersebut, sedangkan pada test online, peserta wajib mengerjakannya di laptop yang dibawa masing-masing peserta. Agak ricuh sih, soalnya tempat duduknya rapet banget, dan ada aja yang laptopnya butuh dicolok. Adapun internet, kita harus bawa modem masing-masing. Tethering dari Hape juga boleh kok.

Jika di email kita tidak disuruh membawa alat tulis, sebaiknya kalian tetap bawa. Baik berupa kalkulator, pulpen, hingga kertas untuk coret-coret hitungan. Saya dan peserta lain menggunakan laptop sebagai alas kami menulis. Menurut panitia, usai tes yang dilakukan hari ini, akan ada tes psikotes bagi yang lulus tes tertulis. Kemudian tes wawancara bagi yang lolos psikotes dan selanjutnya medical checkup. Pada tahap wawancara akan dilaksanakan full bahasa inggris. Wow.

Sebagai gambaran, ia menjelaskan lebih lanjut seperti peserta di Medan, terdapat 60 peserta, dan yang lolos ke psikotes hanya 17, dan yang diwawancara hanya 9 orang. Di surabaya terdapat 101 peserta, dan yang lolos ke psikotes hanya 24 dan yang diwawancara hanya 9 orang. Meskipun terdapat kuota, ia menjelaskan bahwa jika peserta tidak memenuhi passing grade maka tetap tidak akan dimasukkan ke tahap selanjutnya. Ngeri cuy.

YES I CAN DO IT!!
Tes Pertama
Cie penasaran ya? haha. Iya nih saya ceritakan biar kalian nggak penasaran dan bisa jadi bahan pembelajaran. Tes pertama tentang Teknis Essay ini terdiri dari 3 soal yang sangat teknik banget. Kalau ngga salah namanya MekTek. Mekanika Teknik. Buat yang dari Sipil pasti sangat mampu memahami tes ini. Tapi buat yang dari luar sipil? duh! Saya dari Arsitek, pernah juga belajar, tapi hanya pada satu semester, dan tidak pernah digunakan. jadinya? nol besar!

Tes Kedua
Tes kedua ini adalah teknikal online. Soalnya sudah ada di website dengan pilihan ganda. Nah Sayangnya, tetap saja sulit. HAHAHA. Hitung-hitungan. Teori. Mostly sipil banget. Fisika. Matematika seperti persamaan ada juga. Permeabilitas, Daya regang bahan dsb. Ya kalau kamu anak sipil, harusnya paham, saya enggak... Ohya 20 soal untuk 30 menit. Dan itu kurang bangeeeet.

Tes Ketiga
Tes ini seputar bahasa inggris. Soalnya ada 20, dan dikerjakan selama 30 menit. Jawaban yang diisikan juga cenderung pendek-pendek. Seputar Grammar dan mencocokkan kata. Kalau kamu bisa TOEFL harusnya sih bisa mengerjakan ini, karena tidak ada listening sama sekali. Ya anak jaman now pasti bisalah tes ketiga ini.

Lalu apalagi ya? Ohya pengumuman diberikan hari itu juga. Jadi tes yang dimulai jam 8.30 WIB itu selesai sekitar jam 11.30an. Lalu menurut panitia, maksimum akan ada email jam 19.00 WIB bagi peserta yang lolos ke tahap selanjutnya. Bagi yang engga lolos? ya gak dapat email lah! ngarep!

Kesimpulannya? Ikut tes untuk penerimaan Teknik Sipil di sebuah perusahaan kontraktor, meskipun itu MT yang kemungkinan akan menerima pelatihan/ penyetaraan lagi setelah diterima, bagi seorang arsitek, itu sangat NEKAT. Faktanya memang pengetahuan arsitek dan sipil meski sama-sama bergelut di dunia konstruksi amatlah berbeda. Tapi meski begitu, berkas saya lolos lho! Mau coba nekat kaya saya? silahkan, untuk pengalaman hehehe


You Might Also Like

3 comment

  1. kak mau nanya dong itu di emailin kk untuk ikut test nya berapa hari setelah kk apply job ny ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. genap 2 minggu dari waktu apply langsung dapat email waktu itu

      Hapus
  2. Kak, inget soal soal teknilanya gak? saya senin ujiannya nih :(

    BalasHapus