Matkul Semester 4 Manajemen Proyek

21.25

Halo ! Sori nih sempet lupa buat bikin artikel ini. Padahal semester 4 sudah berjalan cukup lama. Saat saya menulis ini, sudah masuk ke musim UTS. Kebetulan karena saya sudah ngga ke kampus lagi jadinya ikutan lupa. Di semester 4 kali ini adalah pilihan yang sangat fleksibel bagi sebagian orang. Termasuk saya sendiri. Nah apa saja matkul yang saya ambil? Yuk dilihat.

Publikasi Ilmiah
Ini adalah matakuliah yang bisa kalian ambil setelah menyelesaikan Tesis. Konon sih bisa diambil bersamaan dengan Tesis. Namun masalahnya, untuk bisa ikutan publikasi di sebuah konferensi, rata-rata butuh waktu 3-6 bulan persiapan, jadi sulit sih kalau diambil di semester yang sama. Nah pada saat saya menulis ini pun, saya sudah menyelesaikan Publikasi Ilmiah saya di Bandung. Namanya IEOM International Conference. 

Caranya adalah jika kamu sudah bikin abstrak, kamu bisa mulai submit ke penyelenggara conference. Nanti mereka akan minta follow up beberapa bulan kemudian dengan bentuk full paper atau rangkuman tesis kalian dalam 8-16 lembar pdf. Jika diterima, nanti kalian bisa melanjutkan ke pembayaran. Harganya pun ngga murah. Biasanya sekitar 2-5jt rupiah tergantung lokasi konferensi juga. 

Setelah di hari H kita bisa presentasi, barulah kita akan dapat sertifikat dan lain-lain. Hal itulah yang akan kita kumpulkan ke departemen Teknik Sipil UI agar nilai kita dapat di proses. Lalu apakah ada tatap muka? engga. Nanti kita akan dibuatkan mailing list atau grup untuk berkomunikasi terkait progres yang dibutuhkan dalam penilaian mata kuliah ini.


Sehingga, di semester ini saya tidak mengambil mata kuliah pilihan lain, namun fokus ke mencari pekerjaan. Yap nyari kerja. Saya curi start 6 bulan sebelum wisuda agar nanti seusai wisuda tidak menganggur dulu. Wish me Luck!!


You Might Also Like

0 comment