Pengalaman Tes di Wika Gedung

21.02

Halo! Duh lagi jadi job seeker nih. Kerjaannya tes kerja terus haha. Baru-baru ini saya tes kerja di salah satu kontraktor BUMN di Indonesia. Yaah namanya Wika Gedung. Buat temen-temen yang berada di bidang seputar konstruksi pasti tau perusahaan ini. Nah ceritanya lagi ada bukaan untuk freshgraduate dengan jurusan yang beragam. Ngga begitu paham sih saya apakah ini Management Trainee atau bukan, karena ngga ada tulisannya. Yauda langsung cerita aja yaa.

Jadi pengumumannya ada di website wika gedung. Kebetulan mereka membuka penerimaan bandung dan jakarta. Saya sendiri sudah ikut dari penerimaan bandung, tapi ngga ada balasan. Ketika mengikuti penerimaan jakarta, baru deh dapat email dari human capitalnya. Intinya tertulis disana bahwa saya diundang untuk menghadiri tes psikotes di sebuah lokasi dan tanggal yang telah ditentukan. Nah disana saya harus membalas email untuk konfirmasi. Ngga hanya itu, kita juga akan dapat SMS yang memberitahu bahwa kita dapat email undangan.


Kalau ngga salah, kita dikasih waktu 3 hari untuk konfirmasi. Jika kita belum konfirmasi, nanti akan ada SMS yang mengingatkan kita untuk segera konfirmasi. Ngga hanya itu, pihak wika juga menyediakan nomor untuk dihubungi via whatsapp bila ada pertanyaan.

Pada hari H-nya, saya sudah tiba di lokasi sebelum jam 7. Tempatnya pun bisa terbilang cukup jauh, karena bukan di kantor pusat, melainkan di konsultan pelaksana perekrutan yang letaknya di daerah jatibening. Bahkan lebih dekat kearah TMII. Ngga biasa sih.

Nah pas dateng, ternyata sudah ada beberapa peserta lain. Tapi masih sepi. Sekitar 10 orang mungkin. Rata-rata pada pakai baju putih hitam. Meski demikian saya tidak. Hanya kemeja rapih saja. Dan pada saat dimulai tes pun juga tidak ada masalah dengan pakaian.





Tes yang dilakukan cukup panjang. Dalam satu sesi tes ada sekitar 30 orang kalau ngga salah. Rangkaian tes pun panjang. Seperti psikotes UI yang pernah saya lakukan sebelumnya. Selain ada kemampuan kosakata, hitungan, juga ada tes Pauli di akhir tes.

Adapun pengumuman tes dilakukan pada hari tersebut berselang 30 menit tes. Kalau ngga salah hanya 10 orang yang diambil untuk melanjutkan wawancara. Nah sembari menunggu pengumuman, peserta dari Sesi Kedua sudah mulai berkumpul untuk tes pada jam 1 siang. Kami yang datang pada sesi satu bisa menunggu sambil makan siang yang diberikan gratis oleh Wika sambil Sholat Dzuhur.

Ketika pengumuman ditempel, nama kita tidak akan terlihat, hanya nomor urut yang diberikan pada saat awal tes. Ternyata nomor saya nggak keluar. Yasudah. Pulang. Bhay! wkwk. Semoga membantu temen-temen yang ingin tahu seperti apa tesnya.


You Might Also Like

0 comment