Perpanjang Pajak STNK Bekasi

8/16/2018 10:23:00 PM

Halo. kali ini saya mau ngeshare soal pengalaman saya bayar pajak STNK kendaraan bermotor di kota Bekasi. Perlu diperhatikan, bahwa yang saya lakukan ini adalah perpanjangan pajak tahunan, bukan mengganti STNK per 5 tahun dsb. Oke kita mulai aja ya.

Ada yang berbeda dari alur perpanjangan STNK yang saya lakukan kali ini. Jika tahun-tahun sebelumnya warga kota Bekasi biasa membayar pajak STNK melalui kantor samsat yang berada di seberang stadion Bekasi, kini lokasinya sudah tidak lagi berada disana.

Dari info yang saya dapatkan, saat ini untuk memperpanjang pajak STNK kendaraan bermotor di bekasi terdapat 2 tempat, yakni di Mall Pelayanan Publik serta di Samsat Bulak Kapal. Untuk temen2 yang berdomisili di Bekasi Timur atau Tambun, mungkin akan lebih mudah mencapai bulak kapal. Sedangkan yang berada di daerah barat dan selatan akan lebih mudah mencapai Mall Pelayanan Publik.



Nah pada tulisan ini saya akan coba menggambarkan bagaimana situasi Mall Pelayanan Publik, kamu memerlukan beberapa berkas yang kamu bawa menuju lokasi perpanjangan pajak STNK milik kamu, diantaranya:

1. KTP pemilik STNK Asli + 1 fotocopy
2. STNK asli + fotocopy
3. BPKB asli + fotocopy

Ohya harap diketahui, motor dengan status bpkb leasing tidak dapat melakukan perpanjangan pajak stnk di Mall Pelayanan Publik, menurut keterangan petugas. Harus dilakukan di SAMSAT bulak kapal.

Nah adapun tahapan dalam pengurusan pembayaran pajak STNK tahunan ini adalah sebagai berikut:

1. Datang pagi! saya datang jam 9 sudah kena antrian ke-50... serius, rame banget antriannya, dan lamaaa
2. Ketika datang langsung ambil tiket antrian di ujung barisan. Ada petugas yang membantu mengarahkan jenis tiket yang harus diambil
3. Langsung minta formulir perpanjangan pajak STNK di meja informasi persis sebelah tiket. Karena petugasnya ngga inisiatif memberi tahu, sehingga kita yang harus inisiatif nanya
4. Bawa pulpen sendiri. Disana tidak disediakan pulpen
5. Setelah diisi, langsung menunggu dekat loket SAMSAT untuk dipanggil sesuai nomor urut.
6. KTP asli, KTP fotocopy, STNK asli, STNK fotocopy dan BPKB fotocopy serta formulir tadi akan diserahkan ke petugas saat nomor dipanggil.
7. Siapkan BPKB asli saat petugas menanyakan untuk di lihat 
8. Berkasmu akan dicek, lalu di steples oleh petugas. Bisa juga kamu membantu mengurangi bebannya dengan mensteplesnya sendiri sebelum diserahkan. Jadi bawa steples sendiri lebih baik
9. Setelah itu berkas akan di limpahkan ke loket pembayaran
10. Kamu harus menunggu namamu dipanggil di loket pembayaran. Durasinya tergantung banyaknya antrian
11. Panggilan pertama dari loket pembayaran hanya untuk memberitahukan nominal yang harus kamu bayar
12. Panggilan kedua dari loket pembayaran untuk memberitahu kamu harus bayar saat itu juga
13. Setelah menyerahkan uang, kamu akan diberikan STNK baru beserta plastik stnk yang baru
14. Pulang deh

Pada saat saya memperpanjang, saya melakukannya hari jumat. Proses tersebut berlangsung sekitar 2 jam, dari jam 9 hingga hampir jam 11 sebelum jumatan.


Oke sekian semoga bisa membantu kamu yang sedang mencari informasi tentang perpanjangan pajak STNK di Bekasi. bye

You Might Also Like

0 comment