Mau Jadi Arsitek yang Seperti Apa?

17.33

Mungkin ini adalah salah satu diantara ribuan pertanyaan yang kamu miliki. Tentunya sama dengan saya. Mau jadi apa saya? Karena Arsitek tidak melulu menjadi 'Arsitek'. Diluar sana, cukup banyak profesi yang bisa digeluti seorang lulusan arsitektur. Entah kamu berasal dari Teknik Arsitektur maupun arsitektur murni. Tulisan ini juga mungkin hanya melingkup sebagian kecil dari pekerjaan yang bisa diraih oleh seorang sarjana arsitektur. Tapi seengganya dari yang saya tahu, kira2 ada 5 arah pekerjaan yang cukup sering dijumapi dari lulusan arsitek.


Arsitek
ini adalah versi paling basic dari pekerjaan yang bisa ditempuh lulusan arsitektur. Bahkan kalau mau dirunut sendiri, seorang arsitek bisa sangat banyak cabangnya. Bisa dari arsitek junior yang bekerja dikonsultan, hingga arsitek senior. Biasanya jobdesk arsitek di konsultan adalah seputar gambar. Jadi merekalah yang bertugas menghandle gambar dari mulai masih sketsa ide hingga nanti berupa gambar kerja yang dapat dibangun. itu arsitek konsultan. Berbeda lagi dengan Arsitek Developer. Biasanya tugasnya adalah mengawasi gambar yang dibuat arsitek konsultan. Tugas mereka adalah menjaga agar gambar sudah sesuai dengan keinginan, sesuai dengan perhitungan biaya agar developer tidak merugi. Ada lagi arsitek Kontraktor. kalau ini biasanya adalah arsitek yang mengawasi ataupun membuat gambar dari konsultan bisa terbangun. kadang ada teknis-teknis yang harus dilakukan untuk gambar tersebut bisa efisien dan buildable. Konsultan arsitek sendiri bisa mendapat 300-800jt hanya untuk gambar konsep yang waktu kerjanya 2-3 minggu. gambar konsep lho, bukan gambar kerja detail.

Business Development
Arsitek di ranah ini biasanya ada di developer. Tak jarang mereka-mereka ini melanjutkan studinya ke ranah bisnis. Tugas utamanya adalah mengembangkan segala sesuatu yang berhuhungan dengan arsitektur untuk dijadikan bisnis. Apa itu? tidak jauh dari property. Misalkan, ada sebuah lahan kosong, sudah jadi tugas tim busdev untuk menggambar, menghitung dan memperkirakan kira-kira apa yang bisa dibangun dilahan tersebut untuk menghasilkan profit. tentu gambar yang dibuat tidak akan secanggih konsultan, namun cukup untuk dapat dihitung bisnisnya. profesi busdev bisa dibilang adalah profesi bisnis arsitek yang sangat krusial. Hampir bisa dikatakan sebagai core bisnis dari sebuah developer. Jadi kalau kamu arsitek yang doyan dengan investasinsan keuangan, kamu mungkin cocok ke bagian ini.

Desainer/ Visualizer
salah satu profesi dari arsitek yang juga cukup menjanjikan. bermodalkan kemampuan arsitek yang mampu mendesain maupun membuat 3d visual, tak jarang ada sebagian yang memiliki minat lebih pada dunia tersebut. bahkan tak hanya sekedar desain grafis, tapi juga hingga desain tampilan web maupun interface aplikasi. arsitek dianggap memiliki sense visual yang cukup baik. seorang visualizer tak hanya membuat 3d render, bahkan hingga membuat animasi. tak jarang ada juga yang sambil membuka kelas 3D. seorang visualizer professional dengan klien korporat bisa menghasilkan setidaknya 5juta per gambar render yang dihasilkan. itu lokal ya btw. Biasanya yang terjun ke ranah desainer ataupun visualizer adalah orang2 yang dari jaman kuliahnya udah expert pada satu bidang. contohnya dari kuliah udah jago bikin desain poster, gambar kartun atau karikatur, atau yang sudah mahir software rendering dan animasi.

Fotografer
ini merupakan alternatif lain dari profesi arsitek. ngga jarang arsitek punya bekal fotografi di kehidupannya. kalo kamu cek di ig pun, rata2 lulusan arsitek punya feed yang bagus dan berkarakter. biasanya. banyak juga sih yang engga. nah profesi ini sebenarnya tidak harus dari arsitek, tapi sering kali hanya arsitek yang betul2 paham sudut pengambilan gambar dari karya arsitektur. karena merekalah yang bisa mensimulasikan posisi bila berada sebagai sang arsiteknya langsung. kalau mau ditanya pendapatannya berapa? cukup besar bisa sampai 30jt/project foto yang bisa dikerjakan dalam kurun 1 minggu.

Marketing/ Product Specialist
nah profesi ini juga ngga kalah banyak. biasanya arsitek yang berkecimpung di dunia marketing adalah arsitek yang jago komunikasi, atau yang pinter ngomong. dengan bekalnya memahami istilah2 dalam arsitektur serta memahami fengshui maupun selera dalam memilih material desain, arsitek sering kali ditunjuk sebagai marketing yang baik untuk mempromosikan produk. Untuk arsitek jenis ini, ada hal-hal basic yang biasanya mereka miliki. yakni skill komunikasi dan penampilan yang menarik adalah hal wajib.

Gimana guys? kira2 dari lima cabang arsitek tersebut adakah yang kamu minati atau kamu sedang geluti saat ini? kalau ada tambahan boleh komen dibawah biar temen2 yang lain bisa saling dapat infomasi. Sampai jumpa lagi. 👋🏻👋🏻

You Might Also Like

0 comment