Laptop yang Cocok untuk Mahasiswa Arsitek 2021

21.58

Entah kenapa baru-baru ini udah ada beberapa orang yang nanya soal laptop apa yang cocok untuk mahasiswa arsitek. Masalahnya kan saya sudah bukan mahasiswa lagi ya, jadi cara pandang saya terhadap software arsitek yang digunakan di perkantoran dengan yang digunakan mahasiswa bisa berbeda. Tapi buat temen-temen yang lagi nyari laptop untuk kuliah arsitektur, yuk coba kita bahas bareng kira-kira apa saja spek yang sekiranya dapat memenuhi kebutuhan temen-temen.

Siapkan Budget

Pertama siapkan dulu Budgetnya. Plafond atau batas atas uang yang bisa kamu keluarkan untuk laptop mahasiswa seberapa besar? Tentunya yang nanya spek laptop pastinya punya keterbatasan budget. Karena kalau yang duitnya unlimited pasti bakal langsung aja pilih laptop yang paling mahal di pasaran.

Kenapa penting menentukan Budget? karena kamu akan menyadari bahwa yang menentukan laptop tersebut dapat berfungsi optimal dan tidak salah satunya ditentukan oleh Budget. Saya mencoba membagi tiga golongan Budget.

A. Dibawah 10 Juta (Hemat)
B. Antara 11 - 20 Juta (Standard)
C. Diatas 20 Juta (Sultan)

Wow sampai 20 Juta? yap, bahkan banyak lho jenis laptop yang sampai 50an juta. Tapi tentu itu bakalan overkill untuk mahasiswa. Saya ngga akan bahas mending rakit PC dsb. Disini pembahasannya khusus untuk yang nyari laptop dulu.

A. Dibawah 10 Juta

Di Tahun 2021, Spesifikasi untuk laptop dengan Budget dibawah 10 Juta cukup beragam. Tapi temen-temen juga harus menyadari, bahwa spesifikasi dengan budget ini tidaklah optimal, banyak kekurangan yang mungkin bisa membuat temen-temen dongkol saat mengerjakan tugas. Seperti laptop yang lelet saat menjalankan aplikasi arsitek, banyak loading, dsb.

PAHAMI kalau aplikasi arsitek itu bukan Microsoft WORD. Ya itu hanya salah satunya, tapi yang dominan digunakan bukan itu. Jadi sulit menyamakan laptop untuk Siswa SMA dengan Mahasiswa Arsitek. Pakai laptop SMA? BISA, tapi ya struggle, harap bersabar kalau lelet. Masalahnya, tugas anak arsitek itu banyak. Akibatnya kalau pakai laptop lelet? kamu akan sering begadang, karena kecepatan kamu mengerjakan tugas tergantung dari kecepatan komputer kamu (diluar kalo kamu ngga pinter bagi waktu)

Rata-rata spesifikasi dengan Budget dibawah 10 Juta adalah Intel i5, dengan RAM 4-8GB, dan VGA basic seperti GT540 dsb. Spesifikasi ini bisa dibilang untuk pekerjaan ringan seperti edit 3D yang simple hingga sedang masih cukup mumpuni. Tapi ketika sudah harus berurusan dengan 3D kompleks, rendering maupun aplikasi RT Rendering seperti lumion, akan sangat kewalahan. Pilihan processor seperti AMD Ryzen juga ada, namun saya pribadi tidak pernah menggunakannya, jadi kurang bisa merekomendasikan.

Apakah tidak boleh beli laptop dengan budget dibawah 10 Juta? ya boleh-boleh saja, tapi kamu juga harus paham konsekuensinya kalau bertemu dengan tugas-tugas yang berat. Tapi jangan berkecil hati, karena selalu ada cara untuk mengakalinya. Misalkan tugasnya sangat kompleks dengan detail 3D yang luar biasa, kamu bisa mengakalinya dengan memecah file-file 3D tersebut kedalam beberapa file. Nanti penggabungannya kamu bisa meminjam komputer teman yang lebih kuat.

Contoh Laptop budget 10 Juta seperti dibawah ini bagus, tapi kurang powerful. Karena VGA-nya Integrated UHD/HD. Usahakan mencari laptop yang sudah ada VGA tambahan AMD atau Nvidia.

Lenovo i5 V15


☑ Processor : Intel Core i5-1035G1 (4C / 8T, 1.0 / 3.6GHz, 6MB)
☑ RAM : 4GB Soldered DDR4-2666
☑ Storage : 256GB SSD M.2 2242 PCIe 3.0x2 NVMe
☑ VGA : Integrated Intel UHD Graphics
☑ Display : 15.6" FHD (1920x1080) IPS 250nits Anti-glare

Asus Expertbook 


☑ Processor : i5-1035G1
☑ RAM : 4GB
☑ Storage : 256GB SSD
☑ VGA : Intel Hd
☑ Display: 14 Inch

B. 11 Juta - 20 Juta

Menurut saya ini adalah yang paling aman untuk temen-temen dalam mencari laptop untuk mahasiswa arsitek. karena pilihannya jauh lebih beragam, serta mayoritas dengan range harga ini, sudah memiliki VGA Tambahan, baik AMD maupun Nvidia. Apakah Aman untuk Arsitek? Aman kok. Tentu dengan ketentuan ya. Untuk tugas-tugas yang kelasnya middle harusnya masih aman. Contohnya kalian dapat tugas membuat kawasan perumahan. Ada 1000 unit rumah. Harus dibuat 3Dnya. Harusnya laptop harga segini akan ngos-ngosan sih. Tapi kalau cuma 100 unit rumah, harusnya masih kuat. Begitu contohnya. 

Apakah sering tugasnya berat? yaa tergantung kampusnya. Makin bagus kampusnya, biasanya standarnya akan semakin tinggi. Tapi kemungkinan itu kecil kok. Palingan tugas yang beratnya hanya disuruh membuat Gedung kesenian, atau Apartemen, Office dsb. Kalau seperti itu cuma 1 bangunan, tapi detail, harusnya masih sangat kuat laptop dengan harga segini. Cuma... mungkin kalau diminta, bangunannya biar dibikin video animasi dll, nah itu yang mungkin jadi persoalan. Apakah sering diminta? biasanya dosen ngga minta, tapi mahasiswa suka inisiatif bikin. Biar dapet nilai A. 

tapi ya kalau budgetnya mepet 20 juta tentu sih udah powerfull banget. Yang jadi soal kalau bugdetnya lebih mepet ke angka 11 jutaan. Karena di harga mepet 20 juta, biasanya akan dapet VGA atau kartu grafis yang bagus. Dan jangan sampai ketipu ya guys, ini cara melihat "kasta" dari VGA

Makin ke kanan, makin bagus, tapi makin mahal
Keluaran tahun 2021 Nvidia RTX > 3050Ti, 3060, 3070, 3080
Keluaran tahun 2020 Nvidia RTX > 2060, 2070, 2080
Keluaran tahun 2019 Nvidia RTX > 1060, 1070 1080
Dibawah itu biasanya seri GTX 1650, 1660 dsb yang performanya jauh dibawah seri RTX

Lalu pilihannya apa saja?
Lenovo Legion 5i


☑ Processor Intel Core i7-10750H
☑ RAM : 16GB DDR4
☑ Storage : SSD 512GB
☑ VGA Nvidia GTX 1660Ti 6GB
☑ Display15.6inch FHD 144hz IPS Level

MSi Pulse GL66

☑ Processor : Intel® Core™ i7-11800H Processor 2.3 GHz (24M Cache, up to 4.6 GHz, 8 Cores)
☑ RAM : 16 GB DDR4 3200MHZ (8*2)
☑ VGA : NVIDIA® GeForce® RTX 3050 Ti with 4GB GDDR6
☑ Display: 15.6" FHD (1920*1080), 144Hz

C. Diatas 20 Juta

Kalo ini sih nggak perlu saya pilihin lah ya, harusnya temen-temen udah bisa cari tipe apa saja di e-commerce official store. Yang jelas dengan harga diatas 20 juta, tentunya temen-temen bakal dapat performa terbaik, yang pasti harus diliat juga spesifikasinya berarti minimal i7 seri 11000, RAM minimal 16GB, VGA usahakan minimal RTX 3060. Harusnya sih udah ngacir banget, karena ini spesifikasi minimal yang biasanya digunakan di perkantoran untuk arsitek (asal bukan macbook aja). Iyaaa jangan mentang-mentang diatas 20 juta, lalu pilih macbook. Jangan, selama ini untuk kepentingan arsitek. Karena performanya kurang oke. kalau untuk desain grafis, atau video editor masih cocok itu macbook. Kalau untuk 3D modelling, jangan.

Mungkin sekian dulu dari saya, kalau ada pertanyaan boleh banget tulis di kolom komentar. See you

You Might Also Like

0 comment